Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Sehari Belajar di Luar Kelas, Wow
Dokumentasi Penulis

Sehari Belajar di Luar Kelas, Wow

MAN 2 Tangerang (MANDUTA) mendapatkan surat edaran terkait sehari belajar di luar kelas pada hari Kamis, 7 November 2019. Menyikapi hal ini Pembantu Kepala Madrasah (PKM) humas, kesiswaan, dan kurikulum berkolaborasi. Mendiskusikan konsep kegiatan sehari belajar di madarasah.

Akhirnya konsep berhasil dirumuskan. Teknisnya disampaikan pada satu hari sebelumnya setelah kegiatan rutin tadarus pagi di lapangan madrasah. Para siswa masuk seperti biasa, berkumpul di lapangan madrasah dengan membawa tas dan bekal makan pagi. Mereka lalu melakukan kegiatan tadarus pagi seperti biasa.

Lalu setelahnya ada penyampaian teknis belajar di luar sekolah. Mulai dengan membaca buku, mengerjakan tugas belajar diluar kelas, makan bersama dengan para wali kelas dan guru yang sebelumnya guru sudah diinformasikan untuk membawa bekal makan, lalu unjuk yel-yel berdasarkan kelas. Adapun prosesnya belajar di luar kelas berlangsung mulai dari pukul 06.50 s.d 10.00 Wib. Setelahnya dilanjutkan dengan belajar seperti biasa di kelas.

Kegiatan belajar di luar sekolah sukses dilakukan. Para siswa biasanya hanya perbidang studi tertentu saja, belajar di luar kelas. Biasanya hanya memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar, selasar kelas, sekitar taman madrasah, lapangan, atau disekitar madrasah yang lokasinya dekat dengan gerbang luar madarasah. Jika untuk level kelas hanya dilakukan untuk kunjungan ke perguruan tinggi misalnya seluruh siswa/i kelas XI. Tetapi kini mereka seluruh kelas melakukan kegiatan pembelajaran diluar kelas. Semuanya sangat senang, karena belajar di luar kelas dilakukan secara masal mulai dari kelas X, XI, dan XII.

Kegiatan belajar diluar kelas sangat positif, sejatinya bisa dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali. Lembaga pendidikan/madrasah sebagai tempat belajar siswa baiknya fleksibilitas dalam menerapkan ide kreatif. Asalkan tujuannya untuk mengoptimalkan potensi belajar siswa. Siswa dapat belajar bersama diluar kelas yang sebelumnya belum pernah dilakukan secara menyeluruh. Apapun ketika itu positif mengapa tidak dijadikan budaya rutinitas madrasah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kerwwwn Pak. Anak anak lebih senang karena terlepas dari dinding, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 Nov
Balas
search