Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Pentingkah Fingerprint?

Setiap lembaga pendidikan atau dunia usaha menggunakan tolak ukur kehadiran pegawainya menggunakan fingerprint. Padahal ini masih buatan manusia, memaksa seseorang hadir untuk tepat waktu sesuai dengan jam kehadiran mulai saat masuk sampai dengan kepulangan. Satu sisi sangat positif untuk mendisiplinkan pegawai. Akan tetapi yang namanya alat buatan manusia pasti selalu ada kekurangan. Bahkan konon oleh admin bisa diubah jam masuk atau jam pulang sesuai keinginan. Seseorang memiliki 10 jari. Setiap jari bisa dianggap mewakili 1 orang tertentu.

Terlepas dampak positif dan negatif dengan penggunaan fingerprint, setiap orang menyikapinya harus tepat dan benar. Ikutin saja sesuai dengan aturan yang berlaku. Andaikan ada potensi kecurangan jangan pernah ikut serta. Perbedaan orang yang baik dan tidak terletak pada tingkat kejujurannya atau tidak. Biarkan orang lain bersikap dan berprilaku tidak jujur, jika memungkinkan ingatkan, jika sudah diingatkan terserah orang yang bersangkutan. Pastinya jika ada hal yang tidak baik jangan turut serta.

Pentingkan fingerprint? Jika itu digunakan secara tepat dan benar sangat penting. Melalui fingerprint akan diketahui presentasi kehadiran seseorang datang, kekurangan waktu bekerja, dan kelebihan jam bekerja. Hal tersebut akan diakumulasi dalam rentangan bulan dan tahun. Data fingetprint selama ini khusus diinstansi pemerintah masih dianggap sebagai data akurat dalam hal kuantitatif waktu kehadiran.

Sejatinya dengan adanya fingerprint baiknya dapat memperbaiki diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Masuk bekerja bisa lebih disiplin waktu. Jika ada keterlambatan ada surat keterangan mengapa terlambat, jika tidak masuk karena izin atau sakit juga ada surat keterangan, dan jika tidak masuk tanpa keterangan harus ada bentuk pertanggungjawabkan mengapa tidak masuk tanpa keterangan.

Memperbaiki diri sendiri itu banyak caranya. Diantaranya melalui adanya absensi dengan menggunakan fingerprint. Jalani saja dengan senyuman, hadapi dengan kebahagiaan, lakukan dengan penghayatan. Absensi fingerprint harus membuat diri kita menjadi lebih baik, bukan malah menciptakan kekeliruan gaya baru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

search