Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Mau Membuat Soal? Gunakan Kisi-kisi!
https://beritabojonegoro.com

Mau Membuat Soal? Gunakan Kisi-kisi!

Evaluasi pada lembaga pendidikan adalah hal biasa. Tahun ajaran 2019-2020 semester ganjil sudah berjalan beberapa bulan mulai dari Juli, Agustus, September, dan sekarang Oktober, bulan sedang berjalan. Rencana ujian semester ganjil akan dilaksanakan pada tanggal 2-7 Desember 2019 sesuai kalander akademik. Lalu bagaimana sistem pembuatan soal di provinsi Banten? Jika di kementerian agama pembuatan soal untuk penilaian semester diserahkan kepada masing-masing madrasah. Jika tidak dapat melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM) setiap kabupaten dengan kolaborai beberapa madrasah negeri pada kabupaten yang sama melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Membuat soal harus melalui prosedur yang benar. Berawal dari pembuatan tujuan belajar dari setiap kompetensi dasar yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuan pembelajaran tersebut lalu di masukan kedalam kisi-kisi soal. Format kisi-kisi soal umumnya berupa identitas kisi-kisi untuk jenis penilaian apa?, nama madrasah, mata pelajaran, kurikulum, alokasi waktu, jumlah soal, bentuk soal, tahun ajaran, pembuat kisi-kisi, dan buku sumber/referensi. Pada format isinya ada nomor Kompentensi Dasar (KD), KD, Bahan kelas/semester, konten/materi, indikator soal, level soal, bentuk soal, dan nomor soal. Setelah kisi-kisi soal ini selesai, idealnya guru membuat kartu soal sesuai dengan setiap nomor soal pada kisi-kisi.

Membuat soal pada level madrasah/sekolah tidak terlalu masalah. Soal dibuat oleh gurunya dan siswa/inya yang menggunakan soal tersebut. Menjadi berbeda ketika soal digunakan pada level kabupaten/kota atau provinsi. Soal yang dibuat harus mengakomodir semua madrasah apakah pada level kabupaten atau provinsi. Medianya adalah MGMP perbidang studi apakah level kabupaten/kota atau level provinsi.

Tahapannya sama dalam dalam pembuatan soal. Hanya saja perlu beberapa kali pertemuan untuk MGMP tingkat kabupaten/kota atau pertemuan untuk MGMP tingkat provinsi. Berawal dari kajian kurikulum, lalu melakukan identifikasi KI dan KD, pembuatan pemetaan KD, dan pemetaan tujuan pembelajaran/indikator. Hal itu dilakukan secara bersama-sama antar madrasah negeri pada suatu forum khusus MGMP. Sehingga berdasarkan pertemuan tersebut disepakati acuan dalam pembuatan kisi-kisi.

Lalu melalui forum MGMP juga di buatkan surat tugas untuk membuat soal mengacu pada hasil pertemuan MGMP tersebut. Ada penulis kisi-kisi dan penulis soal. Acuannya tetap berdasarkan hasil pertemuan MGMP. Lalu soal siap digunakan oleh madrasah apakah menggandakan sendiri atau melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM). Setelahnya soal akan dilakukan analisis butir soal. Sehingga ada soal yang akan diperbaiki atau diganti.

Sejatinya soal yang dibuat harus mengacu kepada kisi-kisi sesuai dengan kurikulum. Jika apa yang ditagihkan sesuai dengan kurikulum dan prosesnya maka hasil penilaian akan mencerminkan kemampuan siswa sehingga dapat membedakan siswa apakah sudah mencapai kompetensi atau belum. Pada dasarnya evaluasi adalah menilai kemampuan siswa. Jika alat evaluasi yang digunakan sudah benar maka hasil penilaiannya akan sesuai dengan harapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wow, paparan tentang analisis soal PTS, jadi terarah. Sukses selalu dan barakallahu fiik

09 Oct
Balas

Baiknya demikian bunda. Terarah. Terima kasih atas apresiasi dan komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah ya Allah

09 Oct
search