Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Musim Durian saatnya Belah Duren
Sumber:Paktanidigital.com

Musim Durian saatnya Belah Duren

Sepulang bekerja, saya mengendarai sepeda motor dari tempat kerja menuju rumah dengan jarak tempuh kira-kira 10 km. Jalan yang saya lalui adalah jalan raya Serang yang merupakan jalan nasional penghubung antara Ibu Kota Negara Jakarta dengan Banten yang dapat juga dapat menuju Pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak.

Sepanjang jalan banyak sekali pedagang durian. Saya mencoba bertanya pada para pedagang, asal buah durian tersebut. Kata abang penjual, buah tetsebut berasal dari pulau Sumatera dan Banten. Buah durian adalah buah asli Indonesia, sayangnya buah durian unggulan berhasil dikembangkan di Thailand dengan nama durian montong. 

Keluarga saya juga sangat menyukai buah durian. Sudah sedari kecil mereka terbiasa mengkonsumsinya. Apalagi istri saya, sangat piawai memasak olahan daging durian apakah diolah menjadi makanan atau bahan minuman. Sehingga anak-anak tidak jenuh saat mengkonsumsinya. 

Biasanya saat musim durian kami akan bersama-sama menuju lokasi penjual. Duduk dengan santainya lalu memesan durian, pastikan memilih buah durian yang bulatannya merata pada setiap lajurnya, wanginya menusuk hidung karena kematangannya, pastikan tidak ada yang busuk,  atau belum terbuka pada bagian buahnya. Nah buah durian dengan kriteria itu adalah buah durian terbaik. 

Jika datang langsung ke lokasi penjual durian, meminimalisir potensi kecurangan penjual durian. Saya biasannya menyampakan ke abang penjualnya, saya pilih lalu pastikan abang penjual apakah buah durian itu matang atau tidak. Jika matang dan manis, akan dibelah dan dimakan di tempat. Apabila satu buah durian dianggap kurang akan dilanjutkan dengan buah durian berikutnya sampai dengan dirasa kenyang. Musim durian, musimnya belah durian. Jika ingin membawa pulang, tinggal dipilih dicicipin matang lalu bawa pulang. 

Mengkosumsi buah durian ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu wajib makan nasi sebelum mengkonsumsinya. Jika tidak,  gas pada buah durian kurang baik terhadap kesehatan. Ini masalah serius, banyak kasus kematian akibat berlebihan makan durian. Kasusnya sama, perut dalam keadaan kosong mengkonsumsi durian dalam jumlah yang banyak sampai dengan kekenyangan. Sejatinya melakukan apapun jangan berlebihan secukupnya saja, termasuk mengkonsumsi buah durian. 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

aku juga suka durennya pak mulya...

21 Jan
Balas

Saya juga suka, durian eunannak. Sehat, bahagia, dan sukses selalu

21 Jan

Tiap hari saya ngiidam duren

21 Jan
Balas

wow, ngidam boleh ibu. Jika makan cukup 100200 gram permakan perhari. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Ibu Aan Nurchayati, M.Pd

21 Jan

mau duren gratisan. hehehe

22 Jan

mau duren gratisan. hehehe

22 Jan

Tulisan yang mengingatkan. Saya berharap pada tulisan berikutnya Pak Mulya bisa betulbetul membelah duren ini untuk mengetahui kandungankandungan yang bermanfaat dan yang membawa mudarat untuk kesehatan kita. Banyak orang yang keranjingan makan duren. Mengetahui unsurunsur di dalamnya mungkin dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengontrol diri. Maaf Pak Mulya, itu harapan saya. Sehat dan sukses selalu.... Barakallah...., Pak Mulya.

21 Jan
Balas

Siap ibu. Terima kasih atas kunjungan, komentar, masukan, dan doanya. Saya akan menulis edisi berikutnya terkait dengan durian sesuai rekomendasi ibu. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Enggrasedes, M.Pd

21 Jan

Hemmm ... bikin ngiler deh! Saya sangat suka dengan durian.

21 Jan
Balas

Memang mantap ibu durian, asalkan tidak berlebihan. Sehat, bahagia, dan sukses selalu ibu Marlina

21 Jan

Follow back ya..

21 Jan
Balas

Siyap ibu

21 Jan

Thanks...

22 Jan
Balas



search

New Post