Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Sukses Diri versus Sukses Tim
www. qerja.com

Sukses Diri versus Sukses Tim

Hidup itu jangan mengeluh. Statemen ini merujuk pada keadaan, bahwa apapun tantangan dalam hidup harus diatasi, dihadapi, bukan dikeluhkan. Apakah aktivitas secara individu ataukah secara tim.

Setiap beraktivitas dalam hidup sedikit atau banyak adalah sebuah pilihan. Jika sedikit aktivitas, seseorang cendrung tidak mau menghadapi tantangan hidup, hal itu kesannya menghindari tantangan. Lain halnya dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan, semakin banyak aktivitas, maka semakin siap dalam menghadapi banyak tantangan.

Dalam melakukan suatu ada aktivitas individu dan tim. Individu adalah bagian dari tim. Seorang individu tidak akan berarti apapun jika dalam tim bersikap tidak peduli. Hal tersebut, akan menjadi tim bumerang dalam tim sehingga harus segera diatasi. Caranya adalah lakukan secara tim, identifikasi solusi yang tepat, tujuannya adalah istiqomah dengan tujuan yang hendak dicapai.

Setiap tantangan ada resiko dan tanggungjawab sebagai sebuah konsekuensi logis. Akan tetapi dibalik resiko dan tanggungjawab ada banyak pembelajaran yang terkandung di dalamnya. Asalkan bagi orang-orang yang mau belajar. Kesemuanya ada pada aktivitas secara individu atau tim.

Lain halnya dengan orang-orang yang hanya memanfaatkan keadaaan untuk dirinya sendiri, mencari keuntungan semata secara materi. Orang tersebut akan menerabas, melakukan apapun untuk mengoalkan misi pribadinya. Dalam itu adalah kekeliruan besar.

Setiap orang pada dasarkan memiliki visi dan misi secara pribadi. Idealnya hal tersebut dalam tim, hendaknya dapat diredam untuk kebaikan bersama. Jangan emata-mata mengedepankan egoisme pribadi.

Sukses secara pribadi adalah kebahagiaan, akan tetapi sukses bersama tim itu jauh membahagiaan. Kedepankan kepentingan bersama dan redamkan misi pribadi yang seolah-olah keakuan adalah terpenting. 1 batang lidi tidak lebih baik dibanding banyak lidi yang disatukan menjadi sebuah sapu.

Jangan mengeluh untuk suatu pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang. Redamlah egoisme pribadi dengan pekerjaan yang nyata mengatas namakan kepentingan bersama. Melakukan apapun dasari dengan penuh pertimbangan dan belajar, lakukan secara bersama-sama, sehingga kesuksesan dapat diraih secara tim.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dalam sebuah tim yang baik, jadikan perbedaan sebagai asset pemecahan masalah.

15 Apr
Balas

Iya pak Agus setuju, kerja berat menjadi lebih ringan

19 Apr

Kekompakan dan saling memahami kunci sukses tim. Karena tim terbentuk dari sesuatu yang berbeda dan bersatu. Semangat selalu. Barakallah share ulasannya pak Mulya, sehat, bahagia dan sukses selalu.

15 Apr
Balas

Iya bu Rita setuju. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

19 Apr
search