Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Pohon Pepaya Samping Rumah,  Wow
Dokumentasi Penulis

Pohon Pepaya Samping Rumah, Wow

Jika memiliki rumah disamping kiri dan kanan masih ada sebidang tanah walaupun tidak luas. Manfaatkanlah untuk menanam berbagai tanamana apapun. Lihatlah hasilnya, asalkan sedikit mau belajar bagaimana tatacara bercocok tanam walaupun tidak harus ahli.

Banyak tanaman yang sudah saya tanam dengan memanfaatkan sedikit tanah seperti tanaman Jambu Jamaika, jambu air, jambu batu, mangga manalagi, buat tiin, kelengkeng, cermei, jeruk, alpuket, pisang, sukun, melinjo, belimbing wuluh, mete, pepaya, dan berbagai tanaman obat dan tanaman hias.

Tanaman yang tidak mengenal musim adalah pepaya. Pepaya di rumah ada 7 pohon. Kesemuanya adalah pepaya peutet. Pepaya peutet adalah bibit pepaya yang diketemukan tumbuh disembarang tempat. Kemudian diambil dan ditanam disekitar rumah. Alhasil jenis pepayanya berbeda-beda seperti pepaya bangkok, pepaya california, pepaya merah, pepaya sayur, dan pepaya kembang. Sejak menanam banyak jenis pepaya akhirnya mulai mengenal satu persatu.

Ada pepaya orang kampung menyebutnya dengan pepaya sayur. Pohon pepaya berbuah mulai dari ujung sampai dengan batang bawah pohon. Jika dihitung satu pohon bisa mencapai lebih dari 50 butir. Rasanya sangat manis saat matang. Mengapa disebut pepaya sayur karena jumlahnya yang sangat banyak. Baiknya disayur karena bisa mengambil banyak pepaya saat panen.

Saya terkadang bingung bagaimana cara mengkonsumsinya? Paling menunggu buah pepaya matang kemudian dimakan langsung. Jika buah pepaya mengkeul (mau matang) enaknya di buat petis dengan sambal gula merah. Selain itu buah pepaya muda bisa direbus buat lalapan atau campuran sayur asem atau sayur yang lainnya. Daun pepaya muda bisa buat lalapan. Bahkan daun pepaya juga bisa dibuat urap atau sibuat botok.

Saya sebenarnya berharap ada perayaan tertentu di masyarakat sehingga saya bisa mengratiskan pepaya buah orang tersebut. Pernah pula saya tebang satu pohon hanya untuk mengambil buahnya. Saya berpikir dari pada mubazir kadang dimakan oleh kelelawar.

Lalu kenapa tidak dijual? Ah harga pepaya relatif murah. Sehingga biarkan saja untuk keluarga saja plus jika ada tetangga yang membutuhkan tinggal ambil saja. Misanya para tetangga ingin pepaya matang, buat sayur, rujak, atau lain sebagainya. Gratis ambil sepuasnya sesuai kebutuhan.

Jadi manfaatkan tanah sekitar pekarangan rumah. Tanah adalau anugerah terindah yang Allah Swt berikan. Banyak sekali mineral yang terkandung didalamnya. Jika dirasa kurang dapat ditambahkan pupuk kompos/organik.

Ah saya tidak punya tanah bisa mengunakan media poliback/pot. Bisa mengunakan pupuk kompos sebagai media tanam. Asalkan selalu memperhatikan kapan waktunya menambah/menganti media tanam supaya tanaman tumbuh baik dan menghasilkan.

Mengenai bagaimana cara menanam tanaman semuanya bisa dipelajari di internet. Yuk manfaatkan lahan pekarangan dan panenlah hasilnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mas Mulya sama dong dengan saya, lahan kecilku juga penuh dengan buah. Ayo kawan kita berkebun!

09 Apr
Balas

Iya Pak Agus, sehobi kita. Memanfaatkan waktu luang saat di rumah untuk berkebun hasilnya lumayan. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

09 Apr

Pak Mulya nih, selain kreatif nulis, juga srnang berkebun. Tak bisa berdiam diri yah Pak. Enak pepayanya dilalab Pak. Sukses selalu dan barakallah fiik

09 Apr
Balas

Iya bu Pipi, buah pepaya muda di potong memanjang kemudian direbus beri sedikit garam. Sambalnya apapun. Mmm enak bu Pipi. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Pipi

09 Apr

Sealiran kita kayaknya pak....! Saya hoby banget dunia tanam menanam.. Mulai dari rempah empon2 sampai cabe rawit, terong dll apapun yg bisa ditanam jangan dibeli.

09 Apr
Balas

Iya ibu, senengnya saat panen. Bahagianya tak dapat terlukiskan dengan kata-kata. Wah satu hobi, bisa berbagi informasi terus terkait perihal tanam menanam. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

09 Apr
search