Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Diklat Jarak Jauh, Belajar Melalui Dunia Maya
DJJ BdkJakarta.Kementerian agama

Diklat Jarak Jauh, Belajar Melalui Dunia Maya

Zaman now internet seolah sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Beragam manfaat internet sudah dapat diniknati, apakah bermain di media sosial maupun mengunakan berbagai aplikasi di play store. Unduh aplikasi sudah dapat digunakan.

Pada sekian banyak aplikasi, ada khusus aplikasi pembelajaran. Lalu secara kelembagaan Balai Diklat Keagamaan DKI Jakarta juga membuat aplikasi pembelajaran dengan nama Diklat Jarak Jauh (DJJ) untuk pegawai Kementerian Agama di wilayah Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat.

Tahun ini saya mengikuti DJJ dengan mata diklat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Saya mengikuti diklat ini digelombang pertama. Mata diklatnya selain SKP, masih banyak lagi yang lainnya seperti Standar Operasional Prosedur (SOP) , Teknik Perencanaan Pembelajaran (TPP) , Model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , Evaluasi Pembelajaran, dan operator komputer.

DJJ merupakan diklat dengan di dunia maya. Hanya dengan membuka aplikasi dengan membuat akun masing-masing sebagai peserta diklat, lalu masuk dalam kelas diklat dunia maya sesuai dengan pilihan diklat dimana perkelas online hanya 35 peserta.

Pesertanya berinteraksi di kelas dunia maya dalam mata diklat yang sama. Setiap mata diklat terdiri dari beberapa kegiatan belajar. Setiap kegiatan belajar banyak aktivitas yang dilakukan mulai dari berdiskusi, mengerjakan tugas, latihan, berbagi pengalaman, analisis regulasi, serta tes formatif.

DJJ juga menerapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika peserta diklat tidak menenuhi KKM maka harus melakukan perbaikan dan harus mencapai KKM jika ingin lulus ke kegiatan belajar berikutnya. KKM yang digunakan untuk DJJ tahun 2019 adalah 76.

Saat DJJ untuk memudahkan interaksi dan komunikasi. Dibuatlah grup facebook, twitter, dan whatapp. Adapun tujuan pembuatan grup tersebut untuk memudahkan komunikasi dan informasi jika ada kendala berbagai hal terkait kediklatan.

Semangatnya para peserta diklat sungguh luar biasa, walaupun hanya kenal di dunia maya. Mengenal satu sama lain saat diklat, walaupun belum pernah bertatap muka, tetapi tujuannya sama. Belajar untuk meningkatkan kualitas diri. Minimal sebagai pegawai selalu ada masukan/informasi baru terkait upaya belajar terus sepanjang masa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wowwww, sepertinya asyik yah Pak Mulya. Dari dulu saya ingin ikut, tapi gaptek menghalangi langkah ini. Sukses selalu dan barakallah fiik

09 Apr
Balas

DJJ BDK Kemenag dan Gurusiana adalah rumah belajar saya di dunia maya. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

09 Apr
search