Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tugas Pengawas Ujian itu Mulia
Dadang JSN

Tugas Pengawas Ujian itu Mulia

Pada lembaga pendidikan ujian adalah hal biasa. Sebenarnya tujuan ujian adalah ingin mengetahui tingkat penguasaan kompetensi pada siswa sesuai kurikulum pendidikan nasional. Apakah penilaian harian, semester, maupun tahunan. Ujian tersebut untuk mengukur ranah kognitif. Disamping penilaian sikap dan psykomotor.

Hal penting pada suatu ujian ada empat unsur yaitu guru, soal, siswa, dan pengawas ujian. Guru mengajar di kelas sesuai kompetensi dasar dengan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan, lalu membuat kisi-kisi dan kartu soal, lalu soal dibuat, diujicobakan soalnya, analisis butir soal, revisi supaya tingkat reabilitas dan validasi baik. Lalu soal digunakan untuk tes.

Siswa mengerjakan soal tersebut dalam suatu ujian. Lalu pada saat itulah sangat dibutuhkan seorang pengawas ujian. Ujian berbasis teknologi sebenarnya dilakukan selain untuk penghematan anggaran juga untuk menutup peluang siswa mencontek.

Sebenarnya jika setiap pengawas mengetahui bahwa tugasnya mulia, maka setiap pengawas akan melakukan pengawasan terbaik. Bagaimana seharusnya pengawas itu supaya kemuliaan itu didapatkannya.

Berdoa sebelum ujian Bersikap ramah dan tersenyum terhadap siswa Sampaikan tata tertib saat ujian sekaligus sanksinya Sampaikan manfaat ujian bagi siswa dalam kehidupan nyata Berikan kata-kata motivasi saat ujian Jangan berada pada posisi dekat dengan siswa tertentu, cari tempat yang netral Ingatkan waktu pengerjaan ujian Berdoa setelah ujian

Mengawas itu merupakan aktivitas mulia dan menyenangkan. Bagaimana tidak, saat ujian pengawas memiliki tugas mulia yaitu menegakan aturan diruangan.

Setiap peserta ujian diharapkan menjunjung kejujuran, kemandirian, kesabaran, dan tanggungjawab. Kesemua itu bisa tercapai jika pengawasnya menjalankan tugasnya dengan baik. Pada akhirnya hasil penilaian untuk siswa akan diperoleh secara objektif dan siswa juga mendapatkan pembelajaran karakter untuk dirinya melalui ujian. Kesemuanya bisa tercapai jika pengawas ujian menjalankan tugasnya dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post