Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sudahkah Anda Berbuat Kebaikan Hari ini?
Sesawi.net

Sudahkah Anda Berbuat Kebaikan Hari ini?

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak bisa hidup tanpa orang lain. Supaya bisa hidup dengan orang lain secara baik maka seseorang harus memiliki sikap dan perilaku baik. Akan tetapi sikap dan perilaku baik ini hendaknya tidak diproklamirkan, khawatirnya setan melakukan tipu daya, bisa-bisa masuk kategori sombong atau riya. Fatalnya seseorang tersebut tidak menyadarinya.

Konsep dasar tulisan ini adalah mengajak untuk melakukan muhasabah terhadap apa yang telah dilakukan oleh diri sendiri dalam seharian (24 jam). Bertanya pada diri sendiri. Apakah hari ini sudah melakukan kebaikan?. Jika jawabannya sudah Alhamdulillah dan jika belum belum ada kata terlambat masih ada waktu sampai pukul 24.00.

Apa itu perbuatan baik? Perbuatan baik ialah melakukan sesuatu yang tidak bertentangan dengan nilai dan norma. Jika sebagai umat Islam melakukan sesuatu yang sesuai dengan Al Quran dan Hadist. Maknanya sangat luas. Tetapi menjadi lebih dipersempit jika kita membuat catatan pribadi tentang apa saja kebaikan yang telah kita lakukan hari ini. Jika saja hari ini hanya melakukan 1 kebaikan, semoga saja besok dan lusa bisa ditingkatkan.

Perbuatan baik itu maknanya sangat luas akan tetapi setiap orang bisa menterjemahkan secara berbeda pada setiap pribadi. Semisal seorang siswa sedang ujian dan melakukannya dengan jujur itu sudah perbuatan baik, siswa membuatkan minum untuk orangtuanya itu juga termasuk perbuatan baik, menyisihkan uang jajannya untuk kegiatan sosial, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan perbuatan baik seorang guru? Banyak sekali seperti memberikan contoh pada siswa untuk tidak terlambat masuk sekolah atau kelas, memeriksa tugas siswa dan memberikan catatan/motivasi pada siswa terkait tugasnya, memberikan apresiasi terhadap siswa yang meraih penilaian tertinggi pada bidang studi yang diampunya, bahkan tersenyum pada siswa saja sudah melakukan perbuatan baik, dan lain sebagainya.

Sangat banyak perbuatan-perbuatan baik yang dapat dilakukan seseorang dimanapun dirinya berada, apapun aktivitas yang dilakukan bisa bernilai kebaikan. Tentunya sesuai dengan segmen-segmen hidup yang dijalaninya. Ingat manusia itu makhluk sosial tidak bisa hidup tanpa orang lain. Yakinlah jika apapun yang kita lakukan baik dan semata-mata ikhlas dan tulus karena niatnya ibadah kepada Allah Swt. Maka Allah Swt juga maha tahu apa yang terbaik untuk kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih sudah mengingatkan Pak Mulya. Semoga kita selalu berbuat baik kepada semua orang setiap saat. Sukses selalu. Barakallah

05 Dec
Balas

Iya bunda saling mengingatkan saja. Terima kasih atas apresiasi dan komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda

05 Dec

Luar biasa Pak Mulya... Hal sederhana yg sering kita abai thdpnya. Sajian ini merupakan bhn refleksi diri. Sejatinya kt peduli akan berkehidupan sosial krn kt makhluk sosial. Barakallahu fiik..

05 Dec
Balas



search

New Post