Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
PAS Berbasis Kertas atau Teknologi

PAS Berbasis Kertas atau Teknologi

Madrasahku melaksanaan Penilai Akhir Semester (PAS) masih berbasis kertas. Saat ku mengunggah siswa yang ujian berbasis kertas di media sosial banyak netizen yang mencibir terutama guru dari sekolah/madrasah yang sudah ujian berbasis teknologi.

Pernah bertanya kepada sahabat yang telah menggunakan PAS berbasis teknologi, apa saja yang harus dipersiapkan? Ternyata luas biasa kompleksnya mulai dari lab komputer, kepemilikan laptop di siswa, atau bahkan gawai smartphone. Hal itu juga harus memiliki daya dukung internet yang mumpuni dengan tenaga IT yang mumpuni.

Lah aku guru rakyat jelata bukan pemangku kebijakan, apa yang bisa aku lakukan. Jika mau demikian tentunya perlu ada sinergi antar semua pihak supaya perkembangan teknologi bisa diserap dengan baik di dunia pendidikan.

Sejatinya apapun kondisi sekolah kita, apakah ujian masih berbasis kertas atau sudah berbasis teknologi, tujuan guru adalah mendidik, mendidik, dan mendidik. Evaluasi adalah bagian dari tugas guru untuk mengetahui apakah kompetensi sudah tercapai atau belum.

Masalah cara ujian, apapun bisa dilakukan apakah berbasis kertas atau teknologi. Tetapi idealnya setiap sekolah dapat mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Zaman itu akan terus maju, jika tidak bisa mengikutinya maka sekolah/madrasah akan terlindas kemajuan zaman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post