Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa Suhu Begitu Panas?
Sumber: Liputan6.com

Mengapa Suhu Begitu Panas?

Sekarang sudah awal Desember di daerah saya Tangerang, Banten suhu udara masih begitu menyengat. Sejatinya Oktober s.d April seharusnya sudah memasuki musim hujan. Hal tersebut karena pengaruh angin muson barat seharusnya memicu musim hujan di Indonesia.

Selain suhu udara yang panas. Terlihat adanya gumpalan awan tebal tetapi tidak turun hujan. Suhu udara di permukaan bumi begitu panas. Hal tersebut dipicu karena adanya akumulasi gas efek kaca di lapisan troposfer. Fenomena ini terjadi hampir diseluruh dunia yang sering disebut perubahan iklim global. Pemicu utamanya semakin meningkatkan gas efek rumah kaca.

Lalu apa itu gas efek kaca? Gas efek rumah kaca secara alami dihasilkan oleh proses alami seperti gas dari letusan gunung api, pembusukan bahan-bahan organik, gas dari kotoran makhluk hidup, dan gas buang makhluk hidup.

Lalu saat manusia mulai memanfaatkan alam dengan kemampuan otaknya berawal dari revolusi industri sampai dengan zaman sekarang revolusi 4.0 aktivitas industri sebagian besar menghasilkan gas efek rumah kaca seperti karbonmonoksida, karbondooksida, metana, cloroflorocarbon, halon, freon, dan lain sebagainya.

Sebagai sebab akibatnya berbagai gas buang industri atau produk indistri terus mengalami peningkatan terutama di negara-negara maju. Lalu industri negara maju memindahkan kegiatan industri ke negara berkembang. Hal tersebut akhirnya meratakan polusi udara yang merupakan gas efek rumah kaca. Selama ini bahan bakar yang digunakan adalah bahan bakar minyak (BBM).

Hal itu diperparah dengan semakin meningkatnyaa populasi manusia. Manusia melakukan alih fungsi lahan untuk pemukiman dan berbagai kegiatan manusia lainnya. Guna memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan penebangan tumbuhan. Padahal tumbuhan seharusnya dipertahankan untuk melakukan fungsi utamanya mengurangi gas efek rumah kaca melalui proses fotosintesis.

Kini semua pemicu meningkatnya gas efek rumah kaca itu ada dimana-mana. Semakin hari semakin bertambah banyak, lalu gas terakumulasi pada lapisan troposfer (lapisan udara terdekat dengan muka bumi). Gas efek rumah kaca tersebut pada akhirnya memantulkan sinar matahari secara terus menerus dan membuat suhu di bumi terus bertambah panas. Diperparah lagi adanya gas yang dihasikan oleh manusia yang dapat menyebabkan lapisan ozon bolong. Selama ini ozon berfungsi untuk menyaring sinar matahari sebelum sampai ke bumi.

Sampai kapan bumi bertahan dengan suhu udara yang semakin panas apalagi faktor pemicunya terus bertambah. Jika ingin bumi kembali nyaman maka harus ada kemauan dari setiap orang/manusia untuk melakukan berbagai upacara supaya bumi kembali pulih.

Hal yang dapat dilakukan yaitu menciptakan berbagai teknologi yang ramah lingkungan dengan mengganti BBM dengan energi baru terbarukan dalam berbagai aktivitas industri dan aktivitas kehidupan lainnya, melakukan penghijauan dan reboisasi, dan melakukan aktivitas industri yang ramah lingkungan. Yuk setiap manusia berupaya menjadi pengerak untuk kembali menstabilkan kembali suhu bumi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah di kota kami mulai awal desember non stop hujan pk...

04 Dec
Balas

Alhamdulillah rizki dari Allah Swt. Di Banten masih belum bunda. Terima kasih atas apresiasi dan komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

05 Dec



search

New Post