Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Koreksi Tim Gurusiana

Koreksi Tim Gurusiana "Saat Membagi Tulisan ke Media Sosial" Mohon Dibenahi!

Tulisan ini saya buat bertujuan untuk memberikan masukan kepada Admin Gurusiana, Tim Bima Teknologi, atau Gurusiana Suport. Sejatinya mereka yang membuat dan mengelola media publikasi Media Guru di dunia maya.

Saya gurusianer pembelajar di blog ini. Sampai saat ini saya terus pelajari perubahan yang ada di Gurusiana. Berdasarkan hasil pengamatan saya, sejak ada perubahan di Gurusiana mulai dari TNGP 2019. Ada masukan yang saya ingin sampaikan semoga ditindaklanjuti, saya pikir ini untuk kebaikan Gurusiana juga kedepannya.

Saya sadar hanya sebagai tamu di Gurusiana, ketika sebagai tamu, saya berharap bisa dilayani dengan baik. Gurusiana bisa lebih nyaman untuk dikunjungi, apakah membaca, mengunggah tulisan, atau melakukan lain sebagainya. Jika sudah bagus mohon dipertahankan, jika sebaliknya sejatinya diperbaiki. Pada kesempatan ini saya memberikan masukan perbaikan.

Usulan saya:

Jika saya akan berbagi tulisan dengan copy link adress gurusiana ke Whats App (WA) sedari dulu tampilannya tidak ada gambar. Paling kita hanya bisa memberi caption setelah di paste. Bagi saya tidaklah masalah jika itu hanya di WA. Lebih keren lagi saat dibagikan di WA turut serta gambar dan judul pada tulisan kita he..he..

Tetapi jika hal tersebut dilakukan secara sama di facebook/grup Media Guru saya sangat keberatan. Mengapa? Saat saya membagikan tulisan dengan copy link adress di FB yang tertera hanya link gurusiana saja tanpa judul tulisan dan gambar. Tampak terlihat hanya caption kita dan akun blog gurusiana saja. Tidak memberikan informasi tulisan apa yang dibagikan. Hanya ada caption saja. Caption tersebut bisa diasumsikan sebagai status saja oleh pembaca. Bukan prolog/pancingan untuk pembaca membaca tulisan kita.

Ada yang hilang, sebelumnya jika berbagi link tulisan gurusiana turut serta gambar pada tulisan di blog Gurusiana dan judul dengan ukuran relatif besar. Menurut saya itu sudah yang terbaik.

Mengapa demikian? Tulisan gurusianer di Gurusiana saat dibagikan lebih menarik. Mengapa karena terbaca captionnya juga gambar tulisan muncul dengan judul tulisan relatif besar. Sehingga pesan tersampaikan pada pengunjung grup facebook Media Guru juga grup-grup facebook gurusianer yang bersangkutan.

Sekarang hal itu tidak lagi ada. Saat berbagi hanya link tulisan blog Gurusiana saja tanpa gambar dan tanpa judul tulisan. Paling seorang gurusianer hanya bisa mengandalkan kekuatan tulisan pada caption untuk menarik pembaca tulisan. Menurut saya hal itu akan membuat pesan tulisan tidak tersampaikan.

Efeknya bisa terlihat pada perubahan posisi penulis populer bulanan. Biasanya. Pak Edi Prasetyo dan Bapak H. Ahmad Syaihu diurutan atas tetapi ini tidak. Hal itu kemungkinan karena tidak berfungsinya dengan baik saat tulisan di bagikan di media sosial karena ketiadaan gambar dan judul padahal ditulisan blog gurusianer ada gambarnya.

Jika ingin berbagi tulisan di grup facebook Media Guru atau grup lainnya ingin ada gambar, maka harus copy paste tulisan atau menulis langsung di grup tersebut. Setelah selesai masukan/insert gambar dari file penyimpanan gambar. Saya pikir itu sangat tidak efektif dan tidak ter-link dengan akun gurusianer yang bersangkutan.

Apakah memang sengaja dibuat demikian. Blog gurusiana terpisah dengan grup facebook Media Guru. Tetapi jika iya, itu lain ceritanya. Artinya kewenangan dari Media Guru sendiri.

Saya menyampaikan ini semata-mata memberikan masukan. Supaya apa yang sudah baik tetap dipertahankan bukan malah dihilangkan. Jika ini dianggap untuk kebaikan Gurusiana mohon ditindaklanjuti. Terima kasih sebelumnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga apa yang mas Mulya sampaikan menjadi catatan penting bagi admin Gurusiana. Sehat dan sukses selalau Bun.

13 Dec
Balas

Semoga saja ditindak lanjuti. Tulisan saya juga saya kirim di grup FB Media Guru. Minimal dibaca sebelum atau bahkan tidak diterbitkan aleh admin. Terima kasih bapak atas komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu pak Agus Siswanto

13 Dec

Betul Pak Mulya. Keluhan ini sudah saya tulis jugs. Namun belum saya kirim, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

13 Dec
Balas

He..he...maaf keduluan deh. Terima kasih atas komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Vivi

13 Dec

Betul, kita harus copi paste saat mau share di FB dan gambar tidak bisa ikut...

16 Dec
Balas

Semoga segera di follow up pak usulannya oleh team gurusiana. Sukses selalu

13 Dec
Balas

Alhamdulillah sudah bunda langsung ditindaklanjuti oleh Ceo. Sudah bisa. Salam literasi

14 Dec

Ya benar mas, saya merasakan itu. Semoga masukannya bisa dipertimbangkan Ceo

13 Dec
Balas

Alhamdulillah sudah diketahui oleh Ceo pak Mohamad Ihsan. Sudah ditindaklanjuti dan menurut beliau sudah diperbaik. Sehat, bahagia, dan selalu. Salam literasi

14 Dec

Magus masukannya semoga mendapat perhatian.

13 Dec
Balas

iya pak terima kasih atas komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Salam literasi

13 Dec

Ya, sayapun mengalami dan ini menjadi sangat tidak menarik ketika di share di fb

13 Dec
Balas

iya pak, semoga saja bisa ditindak lanjuti. Terima kasih atas komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Salam literasi

13 Dec



search

New Post