Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Strategi Menyelesaikan Soal UN, Bagaimana Caranya?
Okezone.com

Strategi Menyelesaikan Soal UN, Bagaimana Caranya?

Apakah Anda guru mata pelajaran UN? Jika iya tentunya sudah mempunyai strategi bagaimana siswa/inya bisa sukses dalam mengerjakan soal UN supaya hasilnya dapat sesuai harapan. Gurunya akan memiliki kepuasan tersendiri jika siswanya saat UN mendapatkan nilai sempurna.

Saya sedang mengikuti diklat Diklat Teknis Substantif Geografi UN se Indonesia. Kontruksinya sebagai berikut. Buka dokumen standar kompetensi lulusan (SKL) dan kompetensi dasar. Lalu carilah soal-soal UN dalam 3 tahun terakhir. Semisal UN tahun ini tahun 2020. Maka soal UN yang kita cari adalah soal UN tahun 2017, 2018, dan 2019. Lalu bandingkan ketiga soal UN tersebut, tentukan materi apa pada SKL yang sering keluar selama 3 tahun UN tersebut.

Maka peluang terbesar soal yang akan muncul adalah materi yang yang setiap tahun ada. Bisa materi yang sama atau berbeda (belum pernah keluar). Peluang terbesar adalah materi yang sama tetapi sudut pandang materinya berbeda. Lalu setelah mengetahui materi apa yang sering keluar, materi itulah yang harus terus dilatihkan kepada siswa.

Terpenting sampaikan kepada siswa bahwa mengerjakan soal-soal UN itu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Ajak siswa belajar materi UN dengan mengedepankan keterpakaian untuk kehidupan siswa. Selain itu sampaikan kepada siswa bahwa tujuan belajar itu tujuannya untuk pendewasaan diri dalam kehidupan mereka kelak. UN sejatinya hanya bagian dari proses pembelajaran bagi siswa yang tujuannya untuk pemetaaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trik yang mantaps Pak yang harus dia siapkan pada anak dalam hadapi UNBK. Sukses selalu dan barakallahu fiiik

18 Nov
Balas

Iya bunda. Sejatinya konsep UN apakah berbasis kertas atau berbasis komputer sama saja. Pemahaman materinya. Sejatinya setiap siswa harus dipersiapkan untuk meraih hasil terbaik. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

18 Nov



search

New Post