Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Rakernis Sekaligus Berwisata, Mengapa tidak?
Dokumentasi Penulis

Rakernis Sekaligus Berwisata, Mengapa tidak?

MAN 2 Tangerang (MANDUTA) sebagai lembaga pendidikan dibawah kementerian pendidikan agama tentunya memiliki program kerja. Uniknya pada lembaga pendidikan program kerja itu ada dua yaitu program kerja yang mengacu kepada tahun pelajaran dan program yang mengacu pada tahun anggaran. Jika tahun pelajaran dimulai dari Juli 2019 - Juni 2020. Semisal tahun ajaran sekarang yaitu tahun pelajaran 2019/2020. Mulai saat awal tahun ajaran Juli 2019 s.d Juni 2020. Jika merujuk tahun anggaran yaitu 2020 akan dimulai dari Januari 2019 s.d 2020.

Menyikapi kondisi tersebut sejatinya setiap lembaga pendidikan melakukan perencanaan perihal apa yang akan dilakukan selama tahun pelajaran atau tahun anggaran. MANDUTA sendiri pada hari Sabtu tanggal 2 November 2019 mengadakan acara rakernis yang dilakukan di madrasah. Lalu dibagi menjadi beberapa komisi mulai dari Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas, Sarana dan Prasarana, dan Tata Usaha. Lalu setiap komisi selama satu minggu mendiskusikan program kerja yang akan dilakukan dan diplenokan pada tanggal 9-10 November 2019 di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

Kegiatan itu dinamakan Rakernis (Rapat Kerja dan Teknis) MAN 2 Tangerang. Pelaksanaannya di dua tempat Kampus Hijau MANDUTA dan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu. Sabtu pagi pada tanggal 9 November 2019 sekitar pukul 05.30 Wib kami sudah bersiap berkumpul di madrasah. Sudah dipesankan untuk membawa kami ke Muara Angke, Jakarta Utara sebagai lokasi pemberangkatan. Sesampainya bus di Muara Angke, kami sudah dipesankan tiket kapal penumpang lalu menuju ke Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Waktu tempuhnya luar biasa selama 3,5 jam.

Saat berangkat pukul 08.00 Wib sampai di Pulau Harapan, Kepulauan seribu pukul 11.00. Lalu ke homestay kemudian istirahat. Pada pukul 13.00 Wib setelah makan siang menuju lokasi penyelaman. Melihat indahnya dunia dasar laut, terumbu karang, dan ikan-ikan karang. Setelahnya menuju pulau dolpin dengan hamparan pasir putihnya untuk menikmati butiran kelapa hijau dengan segar airnya. Lalu kami pulang kembali ke homestay.

Setelah sampai di homestay menjelang magrib. Lalu kami istirahat bersih diri dan salat, dan makan malam. Selepas isya melakukan kegiatan rakernis sampai dengan menjelang tengah malam. Terjadi diskusi yang sangat seru, berbagai masukan yang membangun disampaikan dan disepakati sebagai program kerja tahun depan pada bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas, Sarana dan prasana, dan Tata Usaha. Akhirnya acara rakernis tuntas. Setelah itu dilakukan acara bakar ikan laut kemudian makan ikan bersama dan istirahat untuk menjemput pagi.

Saat pagi disuguhkan dengan keindahan suasana pantai. Karena sedang berada di pulau yang tidak begitu luas, saat matahari terbit dan tenggelam bisa disaksinya dengan mata telanjang. Kemudian kami melakukan sarapan pagi dan berbenar menuju ke lokasi penangkatan dan perlindungan penyu sisik dan hutan mangrove. Lalu setelahnya melanjutkan pulang menuju Muara Angke, Jakarta. Berangkat sekitar 11.00 sampe di Muara Angke pukul 14.00 WIb. Lalu setelah makan dan melaksanakan salat Dzuhur kami akhirnya kembali ke MAN 2 Tangerang. Tahun depan tinggal melaksankan hasil rakernis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search