Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penilaian Tengah Semester (PTS) Sebuah Evaluasi?
http://smpit.assyifa-boardingschool.sch.id

Penilaian Tengah Semester (PTS) Sebuah Evaluasi?

Sekolah sebagai lembaga pendidikan sudah tidak asing lagi melakukan evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih. Evaluasi di madrasah/sekolah dikenal dengan istilah ulangan harian, Ulangan Tengah Semester (UTS) sekarang istilahnya Penilaian Tengah Semester (PTS), kemudian ada Penilaian Akhir Semester (PAS) saat semester ganjil, sedangkan ketika semester genap istilahnya disebut Ujian Kenaikan Kelas (UKK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sebagaimana dimadrasah tempat saya bertugas, hari ini melaksanakan kegiatan PTS. Saat pagi siswa/i sudah menunjukan semangat yang tinggi untuk mengikuti PTS.

Mereka mencari ruangan tempat ujian berdasarkan kartu peserta yang mereka miliki. Seperti biasa PTS setiap ruangan ada dua kelas yang berbeda tingkat dan jurusan. Sehingga siswa dapat diminimalisasi saling bertanya atau berbagi jawaban.

Sebenarnya evaluasi merupakan hal biasa. Tujuannya untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi oleh siswa. Evaluasi membedakJ mana siswa yang telah mencapai kompetensi mana yang belum. Bagi siswa yang belum mencapai kompetensi harus mengikuti remedial supaya nilai minimum tercapai.

Sebenarnya banyak faktor penentu siswa telah mencapai kompetensi seperti kualitas guru, sarana dan prasarana belajar, serta tingkat kesukaran materi. Selain itu perlu motivasi dari diri siswa sendiri maupun dari keluarga dirumah, untuk terus berupaya melakukan yang terbaik saat belajar.

Menyikapi ujian anak zaman now berbeda dengan zaman old kita dulu. Siswa sekarang kurang gigih dalam belajar. Biasanya inginnya serba instan. Ingin dapat nilai tinggi tetapi tidak mau belajar. Walaupun kita tidak dapat mengeneralisasinya.

Idealnya siswa dalam menghadapi ujian apapun. Sudah seharusnya mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Tentunya cara yang dilakukan sesuai aturan, jujur, dan tidak mencontek.

Bukan nilai sebenarnya tujuan akhirnya, akan tetapi proses belajar dan evaluasi yang dilakukan dengan benar. Sehingga sekolah berfungsi sebagai sarana pembelajaran hidup.

Saat kuliah nanti atau lulus dapat diterapkan dalam kehidupan siswa sebenarnya di masyarakat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ternyata merata ya anak2 kita, merata malasnya..hehe

05 Mar
Balas



search

New Post