Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Yuk Baca, 9 Kemuliaan Salat
Salat adalah kewajiban bagi umat Islam, Sumber: http://www.nu.or.id

Yuk Baca, 9 Kemuliaan Salat

Salat bagi umat Islam adalah kewajiban. Titah dari Ilahi mengenai salat disampaikan langsung kepada Nabi Muhammad SAW. Seorang manusia mulia, nabi penutup akhir zaman.

Salat dilakukan sehari lima waktu yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Rokaat salatnya berbeda subuh 2 rokaat, Dzuhur, Ashar, Isya 4 rokaat, sedangkan magrib 3 rokaat. Salat sifatnya wajib/fardu, apabila tidak dikerjakan berdosa.

Melaksanakan salat bukanlah hal mudah karena sarat akan berbagai godaan dari iblis supaya kita tidak mengerjakannya karena sesuai dengan janji iblis kepada manusia pertama bumi Nabi Adam as saat di surga bahwa iblis akan terus mengoda anak cucu Adam untuk menemaninya di Neraka. Itu dilakukan karena kesombongannya telah menentang perintah Allah SWT.

Menurut riwayat setan yang menggoda manusia dalam salat adalah setan Khanzab. Bahkan sebelum salat kita diwajibkan berwudhu, berwudhu juga ada setan yang bertugas mengodanya yaitu Setan Walhan. Mengapa para setan sebagai pesuruh iblis menggoda manusia untuk meninggalkan salat, karena salat memiliki 9 kemuliaan menurut Usman ra yaitu:

  1. Di cintai Allah SWT
  2. Badannya sehat
  3. Dipelihara oleh malaikat
  4. Dituruni berkah dirumahnya
  5. Diwajahnya tampak tanda-tanda orang yang saleh
  6. Hatinya dilunakan Allah
  7. Dia akan menyebrang shiraat (jembatan pada hari kiamat) seperti kilat
  8. Allah akan menyelamatkan dia dari api neraka
  9. Allah akan menempatkan mereka (kelak di akhirat) bertetangga dengan orang-orang yang tidak pernah mengeluh atau merasa berduka.

Hadist nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Nashr menyatakan "barangsiapa memelihara salat lima waktu, maka dia memperoleh cahaya hujjah/dalil dan keselamatan pada hari kiamat, dan barang siapa yang tidak memeliharanya, maka tidak akan ada baginya cahaya, hujjah dan tidak ada pula keselamatan . Sedangkan dia di hari kiamat nanti di golongkan bersama Fir'aun, Qorun, Hama, dan Ubah bin Khalaf"

Semoga kita menjadi manusia yang senantiasa menjaga salat supaya mendapatkan keberkahan. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali