Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Wisuda dan Pelepasan Siswa/i kelas XII MAN 2 Tangerang (MANDUTA) Angkatan ke-20
Dokumentasi Penulis

Wisuda dan Pelepasan Siswa/i kelas XII MAN 2 Tangerang (MANDUTA) Angkatan ke-20

MAN 2 Tangerang (MANDUTA) hari ini, Sabtu, 5 Mei 2018 melangsungkan kegiatan rutin tahunan yaitu wisuda dan pelepasan siswa kelas XII angkatan ke-20.

Kegiatan ini telah direncanakan jauh-jauh hari. Panitia guru dan siswa saling berjibaku untuk mempersiapkan acara. Maklum saja biasanya acara dilakukan dilapangan sekolah karena alasan tidak memadai dicoba untuk mencari tempat diluar madrasah.

Ketua panitia bapak Akhmad Ependi, S.Pd merasa tertantang untuk mengadakan kegiatan diluar. Harapannya bisa sukses walaupun perdana dilakukan.

Tim panitia bekerja keras untuk kesuksesan acara. Latihan-latihan sebelum hari pelaksanaan sudah dilakukan. Bahkan hari Jum'at, 4 Mei 2018 gladi resik di lakukan dilanjutkan dekor tempat acara sampai pagi hari.

Acara wisuda dan pelepasan di MAN 2 Tangerang sarat dengan atraksi budaya dan unjuk performa dari ekskul seni pertunjukan seperti paduan suara, angklung, tari saman, marawis, teater air, dan paskibra.

Acara inti proses wisuda mengunakan adat Sunda dimana ada perwakilan siswa/i yang terpilih menjadi pengantin putra dan putri. Nuansanya sepasang penganten adalah wisudawan yang akan dilepas dan lulus dari MAN 2 Tangerang. Pengantin putri terpilih adalah Ilma Shafa Gaida juara umum di XII IIS termasuk siswa tim OSN/KSM Geografi Manduta dan M. Hikmat Zein Juara kelas XII MIA dan anggota Tim OSN/KSM Matematika.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Wisata Kampoeng Kalapa, Tangerang. Kegiatan ini mewisuda dan melepas siswa/i kelas XII yang berjumlah 231 siswa/i yang terdiri dari jurusan MIA, IIS, dan IIK.

Banyak prestasi yang diraih oleh angkatan ini mulai dari juara KSM provinsi, juara 2 madrasah singer dalam Aksioma, juara karya ilmiah remaja tingkat nasional, juara desain batik yang kini telah digunakan di Bandara Soekarno Hatta, dan berbagai prestasi lainnya yang telah diraih baik secara individu maupun kelompok.

Puncaknya siswa/i angkatan ini diterima diberbagai kampus negeri diseluruh Indonesia melalui jalur SNMPTN dan PTKIN. Hampir 50% dari total semua siswa. Semoga saja melalui SBMPTN dan tes mandiri semakin banyak yang diterima di perguruan tinggi negeri.

Kegiatan ini sangat meriah diawali pembukaan oleh pembawa acara kolaborasi antara guru bahasa Indonesia muda dan energik yaitu Ibu Devi Sulastri, SPd dan didampingi oleh siswa putra kelas XI IIS yang merupakan ketua ekskul olahraga yang ganteng membuat acara terpandu dengan sangat apik.

Diawali pembacaan kalam ilahi oleh juara MTQ tingkat Kota Tangerang siswa kelas XI Agama dan pembacaan saritilawah sangat menyentuh hati. Disusul penampilan paduan suara menyanyikan lagu Indonesia raya yang diikuti hadirin dengan berdiri secara hikmat. Setelahnya tim paduan suara menyanyikan lagu-lagu mars maduta, mars madrasah, dan lagu lainnya. Kemudian penampilan angklung dengan lagu populer saat ini. Selanjutnya pidato tiga bahasa yaitu Inggris, Arab, dan Bahasa Indonesia oleh perwakilan kelas XII MIA, IIS, dan IIK.

Saat pidato bahasa Indonesia yang di sampaikan oleh Umuy Muzayanah kelas XII MIA dimana umuy merupakan siswa yang berprestasi dalam pidato dengan banyak raihan prestasi yang telah diraih. Menyampaikan isi pidato terimakasihnya kepada bapak dan ibu guru. Tangispun pecah di bapak ibu guru. Isi pidato yang disampaikan melalui hati, perasaan, dan didukung oleh gestur tubuh yang sesuai.

Kemudian penampilan selanjutnya tari saman dan penyampaian penampilan kelas XII menyanyikan lagu terimakasih guru madrasah yang dinyanyikan oleh Julieta Cordova membuat suasana semakin haru biru.

Setelahnya berbagai sambutan disampaikan oleh ketua pelaksana, PKM kurikulum, kepala madrasah, dan terakhir oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tangerang. Seyogyanya yang akan membuka kepala kementerian Agama Provinsi Banten akan tetapi berhalangan.

Memasuki acara inti yaitu prosesi. Diawali penjemputan pimpinan madrasah, PKM, dan para wali kelas XII oleh paskibra.

Kemudian muncul lengser kakek-kakek pembina teater air guru MANDUTA yang sudah membintangi beberapa iklan dan sinetron muncul. Make up luar biasa dan pakaian yang mendukung. Diawali prolog tentang acara wisuda kemudian muncul nenek pasangannya yang lucu. Kemudian ada serangkaian tarian daerah, dan puncaknya adalah penjemputan pengantin putra dan putra sebagai simbol pelepasan dan wisuda. Setelah selesai siswa/i kelas XII dipanggil secara satu persatu untuk mendapatkan kalung medali kelulusan untuk setiap jurusan.

Selesai acara pengalungan kemudian sidang ditutup dan peralatan band musik masuk sebagai unjuk aksi kelas XII dalam hal menyanyi. Setelahnya ada pemberian award untuk guru yang terpilih sebagai kategori guru favorite, guru terdisipin, guru terbaik, dan lain sebagainya. Sehingga serangkaian acara tersebut selesai.

Selamat jalan siswa/i kelas XII angkatan ke-20 MAN 2 Tangerang semoga kalian sukses dengan pilihan hidup kalian, kuliah, pesantren, maupun bekerja. Kini kalian harus sudah mandiri. Memperjuangkan hidup kalian untuk yang lebih baik. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali