Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Wisata Religius

Pada acara studi orientasi lapangan (SOL) MAN 2 Tangerang rutin dilakukan untuk kelas XI MIA, IIS, dan IIK setiap libur kenaikan kelas XI ke kelas XII.

Kegiatan ini sudah dirancang sejak mereka diterima sebagai siswa MAN 2 Tangerang per Juli saat mulai belajar. Mereka menabung selama kelas X dan XI. Tabungan tersebut di kelola komite sekolah dan digunakan sesuai kebutuhan selama SOL.

Kegiatan SOl terdiri dari studi banding ke perguruan tinggi negeri maksimal 2 kampus, berberapa industri, wisata alam, wisata budaya, dan wisata religius.

Khusus wisata religius karena selama ini tujuan kegiatan baru pulau jawa maka tujuan lokasi wisata religius adalah makam-makam wali songo dan orang-orang soleh seantero Jawa.

Lokasi yang dipilih otomatis menyeseuaikan dengan lokasi-lokasi terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya akan melakukan kegiatan studi Banding di Jawa Timur kampus negeri tujuan di Jawa Timur, lokasi wisata religus Makam Sunan Ampel, dan Wisata alamnya Bromo.

Sebagai lembaga pendidikan madrasah wisata religius selalu dilakukan saat SOL. Tujuan wisata religius ini untuk mendoakan pejuang Islam, penyebar agama Islam, orang-orang soleh. Mendoakan mereka berharap para siswa mendapatkan pelajaran dari semangat mereka dalam berjuang untuk Islam.

Wisata religius selama ini sampai dilokasi selalu dini hari. Rasa kantuk tidak membuat mereka urung. Selama ini saat sampai dilokasi mengambil air wudhu dan berjalan menuju lokasi makam. Dipimpin para guru-guru agama melantunkan tahlil dengan hikmat dan khusu. Setelah semua siswa dan guru selesai biasanya bersiap melanjutkan perjalanan sesuai dengan susunan acara kegiatan.

Selama SOL urusan ibadah selalu diperioritaskan. Guru memberikan contoh langsung kepada para siswa bahwa dalam kegiatan apapun termasuk SOL sebagai siswa madrasah, ibadah sebuah keutamaan. Ibadah biasanya berjamaah dipimpin oleh kepala rombongan perbus yang dikomandoi walikelas dan guru pendamping.

Wisata religius harus tetap diadakan bersanding dengan wisata budaya dan wisata alam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali