Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Waspada Penipuan Melalui Messenger

Waspada Penipuan Melalui Messenger

Zaman now memang harus waspada. Seperti halnya tadi pagi. Saya mendapatkan pesan messenger dari teman guru madrasah swasta. Biasanya kami berkomunikasi terkait diklat daring (dalam jaringan) atau menawarkan suatu produk karena beliau guru yang berwirausaha.

Saat saya membaca pesan messenger dari beliau, ternyata meminta sejumlah uang. Janjinya pagi minta ditransfer, siang menjanjikan akan dikembalikan. Alasannya terkait usahanya.

Saya tidak begitu langsung percaya. Saya mencoba menghubungi nomor WhatsApp beliau. Ternyata setelah saya konfirmasi, ternyata akun facebooknya di hacker oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebulan yang lalu. Sehingga beliau harus membuat akun baru dan membuat klarifikasi. Berdasarkan informasi beliau, pertemaannya lebih dari 1000 lebih temasuk saya dan sudah banyak temannya mengkonfirmasi diminta sejumlah uameng

Pagi tadi saya pun menjadi target penipuan oknum tersebut dengan menggunakan modus minta transfer uang dalam sejumlah tertentu.

Waspadalah zaman now, media sosial dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melakukan tindak kejahatan dengan beragam cara.

Hal yang harus diwaspadai adalah jangan terlalu percaya informasi dari dumay (dunia maya). Selalu waspada terhadap semua kemungkinan penipuan jika kita tidak ingin menjadi korban penipuan.

Aplikasi messenger sudah di akuisi oleh facebook sehingga saat menulis pesan pada android secara online otomatis terhubung. Sehingga saat facebooknya di hacker kemudian mengganti pasport akun.

Orang yang melakukan tersebut menduplikasi akun, seolah-olah orang yang besangkutan. Parahnya disalah gunakan untuk tindak penipuan. Semoga saja kita selalu waspada dan akun media sosial kita terhindar dari pembajakan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah, zaman now, penipuan makin mwrajalela. Harus lebih berhati hati. Sukses selalu dan barakallahu fiik

18 Jun
Balas

Iya Bu Vivi. Harus selalu hati-hati. Terhadap berbagai modus penipuan di medsos. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

19 Jun

Kejahatan semakin canggih di era modernisasi ini. Sosmed, online jadi sarana jitu untuk mencari mangsa. Terimakasih pengingat nya pak Mulya. Barakallahu Fiik.

18 Jun
Balas

Iya bunda. Saling mengingatkan. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

19 Jun

Memang kejahatan zaman now semakin beragam ya Pak Mulya...Semoga kita tidak terkecoh si penipu...Salam sehat dan bahagia Pak Mulya...Barakallah..

18 Jun
Balas

Iya bunda Rini. Semoga kita tidak terkecoh penipu. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

19 Jun

Informasi yang sangat bermanfaat Pak Mulya. Barakallah Saudaraku sehat selalu

18 Jun
Balas

Terima kasih atas apresiasi dan doanya Abah. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Abah

19 Jun

Kejahatan finansial dan perbankan semakin luas dan canggih yaa Pak ... Salam

18 Jun
Balas

Iya harus selalu waspada. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

19 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali