Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Waspada Ozon Bolong

Waspada Ozon Bolong

Bumi sampai saat ini diyakini hanya satu-satunya yang terdapat kehidupan. Manusia, hewan, tumbuhan, serta unsur-unsur fisik menunjang bumi menjadi tempat yang nyaman sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

Bumi diselimuti oleh lapisan udara yang disebut atmosfer. Atmosfer terdiri dari campuran gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, krypton, dan lain sebagainya. Lapisan udara yang paling rapat terdekat dengan bumi, semakin jauh semakin renggang.

Lapisan atmosfer mulai dari yang terdekat sampai dengan yang terjauh dengan bumi yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, thermosfer/ionosfer, dan eksosfer. Setelah eksosfer adalah ruang angkasa.

Lalu dimana ozon berada? Ozon berada pada lapisan stratosfer sekitar 20-30 km di atas bumi. Lapisan ozon (03) merupakan lapisan hasil reaksi antara oksigen dengan sinar matahari. Sehingga ozon memiliki fungsi sangat penting melindungi bumi dari paparan radiasi ultraungu/ultraviolet dari Matahari. Jika radiasi ultraungu semakin banyak akan berbahaya bagi kehidupan bumi seperti kangker kulit, matinya spesies flora dan fauna tertentu, dan lain sebagainya.

Pemicu rusaknya ozon adalah manusia sendiri. Manusia menciptakan zat pemecah molekul ozon, diubah kembali menjadi oksigen sehingga akan meloloskan radiasi sinar matahari masuk ke bumi.

Bahan-bahan perusak ozon yaitu Cloro Floro Carbon (CFC) yang berfungsi sebagai gas pendorong yang digunakan dalam berbagai aerosol (alat semprot) cairan seperti pembasmi serangga kaleng, minyak wangi semprot, diodoran semprot, dan lain sebagainya, Freon ( cairan pada pendingin ruangan dan kulkas), industri pembuatan busa, halon (alat pemadam kebakaran), serta gas metana (kotoran hewan ternak dan pembusukan bahan organik).

Dapat dibayangkan jika terus diproduksi gas yang dapat merusak ozon maka bumi tidak aman menjadi tempat tinggal karena radiasi sinar ultraviolet terjadi dimana-mana. Jangan-jangan kita menggunakannya saat ini.

Fakta menunjukan bahwa pada wilayah kutub ozon sudah bolong diperkirakan karena CFC. Sedangkan pada wilayah tropis ozon relatif tebal karena tingginya produktivitas oksigen melalui proses fotosintesis sebelum bereaksi dengan sinar matahari. Masalahnya adalah kini penebangan pohon terjadi dimana-mana. Hutan gundul dan alih fungsi lahan terjadi Dimana-mana.

Menyikapi kondisi tersebut, waspadalah terhadap ozon bolong. Bolongnya ozon akan memicu radiasi sinar ungu. Seharusnya sinar tersebut dipantulkan keruang angkasa akan tetapi malah masuk ke lapisan troposfer bumi (lapisan terdekat dengan bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup).

Bentuk kewaspadaan bisa dilakukan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung ke kulit. Selain itu lakukan apa yang mampu dilakukan terutama tidak mengunakan berbagai produk atau aktivitas yang menghasilkan gas perusak ozon.

Semoga bumi yang menjadi tempat tinggal kita senantiasa dijaga supaya tetap nyaman sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Jika bumi rusak mau pindah kemana? Bagaimana nasib anak, cucu, dan cicit kita dimasa depan?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mulai sekarang minimalisir penggunaan zat-zat penyebab rusak dan bolongnya lapisan ozon. Jika tidak sekarang, kapan lagi. Jika tidak kita, siapa lagi. Mari bersama-sama selamatkan anak cucu kita. Informatif sekali, Pak Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jan
Balas

Iya bunda, kondisi dilapangan sudah sangat mengkhawatirkan. Semoga lebih banyak edukasi bagi masyarakat. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu buat bunda Rai. Barakallah juga buat bunda Rai

07 Jan

Paparan yang informatif, semoga kita terhindar dari hal sedemikian. Sukses selalu dan barakallah

08 Jan
Balas

Iya bu, terima kasih sudah mampir dan memberikan apresiasinya. Sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah.

08 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali