Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Waspada Gempa Lombok Berpotensi Tsunami
Sumber: BMKG

Waspada Gempa Lombok Berpotensi Tsunami

Saat sedang menonton televisi hari ini Minggu, 5 Agustus 2018 tiba-tiba siaran televisi terhenti dan terdengar suara bunyi peringatan dan ada tulisan bahwa telah terjadi gempa bumi di lombok dengan 7,0 skala richter pada pukul 18.46 WITA dengan kedalaman 15 km di dasar laut yang berpotensi gelombang tsunami.

Mengapa berpotensi tsunami karena salah satu syarat terjadi gelombang tsunami terpenuhi yaitu diatas 6 skala richter. Walaupun harus terpenuhi syarat lainnya yaitu wilayah gempa luas, pusat gempa dasar laut dangkal, dan hiposentum dangkal.

Guncangan gempa bumi sampai terasa getarannya ke Bali dan Jawa Timur. Setelah gempa besar maka akan terjadi gempa susulan yang kekuatannya lebih kecil skala richter. Gempa susulan akan terus terjadi karena ada proses penyesuaian lempeng akibat patahan. Kondisi tersebut akan berhenti saat lempeng berada pada posisi stabil.

Wilayah Lombok, Mataram NTB memang berada pada pertemua lempeng Indo Australia yang menghujam ke Lempang Daratan Asia Eropa (Lempeng Eurasia) sehingga terdapat deretan gunung api termasuk busur dalam dan lokasi busur luar di dasar laut sebelah selatan kepulauan Nusa Tenggara. Busur dalam dan luar berpotensi gempa bumi.

Informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi Lombok tersebut berpotensi gelombang tsunami.

Penduduk lombok yang berada di lokasi pantai segera mengamankan diri untuk menuju ketempat yang lebih tinggi secara morfologi. Andaikan terjadinya tsunami ada selisih waktu antara waktu terjadinya gempa dengan gelombang tsunami.

Hendaknya penduduk yang berada di lokasi tidak panik. Segera mengamankan diri menuju ketempat yang lebih tinggi. Kemudian selalu pantau informasi dari pihak terkait apakah tsunami benar-benar terjadi.

Semoga saja gelombang tsunami tidak terjadi. Aamiin. Informasi terbaru BMKG mencabut peringatam tsunami pada pukul 20.25 WITA. Sehingga warga dapat dapat kembali kerumahnya masing-masing.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga Allah melindungi saudara kita dari musibah Gempa juga kemungkinan tsunami, kita hanya bisa berdoa dan berharap

05 Aug
Balas

Iya, bunda aamiin ya Allah, Tsunami syarat terjadi banyak, berpotensi tsunami iya kemungkinan mudah-mudahan tidak terjadi

05 Aug

bila anda berkunjung kesana berarti sampeyang Ke Lombok..pasti terasa ...pedasnya

05 Aug
Balas

Iya pak cabe, di omelin istri juga pedes pak he..he..

05 Aug

sip...hh. Berarti cinta masih berseri. Salam bahagia slalu.

05 Aug

Semoga tidak terjadi Tsunami ya Pak.

05 Aug
Balas

Alhamdulillah sudah di cabut peringatan tsunamu oleh BMKG

05 Aug

turun status ..alhamdulillah

05 Aug

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali