Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Video Youtube Paling di Suka Anak
Dokumentasi Penulis

Video Youtube Paling di Suka Anak

Media sosial zaman now semakin booming. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa bahkan manula banyak yang menggunakan media sosial.

Pemanfaatannya media sosial sangat beragam seperti membuat status di media sosial, berbagi gambar, berbagi tulisan, serta berbagi, membuat, dan menonton video.

Saya melakukan pengamatan terhadap anak sendiri, anak di lingkungan tempat tinggal, dan anak-anak teman mengajar yang terkadang di ajak ke madrasah.

Ketergantungan anak-anak sangat tinggi terhadap media sosial terutama berbagi video yaitu youtube. Anak-anak bisa berjam-jam menonton video. Hanya berbekal paket internet. Umumnya mengunakan fasilitas orangtuanya, bahkan ada yang sengaja membelikan gadget untuk anaknya padahal belum cukup usia.

Mengapa anak suka video youtube? Menurut saya video adalah potret nyata keseharian yang dilakukan. Anak seolah melihat aktivitas nyata keseharian. Video adalah aktivitas real atau bahkan animasi akan tetapi ide cerita tetap terkait aktivitas keseharian.

Saat anak melihat beragam video, rasa penasaran pada anak muncul. Otak anak masih dalam perkembangan sehingga rasa ingin tahunya sangat tinggi. Alhasil berbagai video dilihat anak.

Beragam video di youtube bukan tanpa cela. Semua jenis video apapun ada, pihak youtube paling membatasi usia yang akan melihat. Apakah itu cukup? Tentunya tidak, ada video yang mengandung kontain kekerasan dan dewasa, sehingga harus ada pendampingan terhadap anak saat menonton video dari youtube.

Jika anak menonton video youtube tidak didampingi akan ada dampak negatif. Anak menonton video youtube secara langsung tanpa ada pendampingan bahaya terhadap pembentukan konsep diri pada anak.

Video youtube sangat digemari anak. Kondisi tersebut harus diwaspadai oleh setiap orang tua. Buat aturan dalam penggunaan gadget terhadap anak, beri batasan waktu dalam penggunaan gadget, cek and ricek terlebih dahulu video yang akan ditonton anak, dampingi anak saat menonton video youtube dengan memberikan masukan mana yang boleh mana yang tidak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Setuju Pak...kita sekali-sekali harus mengeceknya.....

05 Dec
Balas

Iya bu, tidak bisa melepas begitu saja. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

05 Dec

Benar pak...jangan kita lepas begitu saja mereka main gedget...mereka perlu pantauan dan bimbingan dari kita...

05 Dec
Balas

Iya, harus waskat (pengawasan melekat). Salam kenal dan salam literasi.

06 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali