Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Upacara Bendera Menggunakan Bahasa Inggris,  Mengapa Tidak?
Dokumentasi Penulis

Upacara Bendera Menggunakan Bahasa Inggris, Mengapa Tidak?

MAN 2 Tangerang merupakan madrasah aliyah berlokasi di Jl. Raya Serang km. 24. Jalan Raya Serang. Jalan Raya Serang merupakan jalan nasional penghubung antara DKI Jakarta selaku ibu kota negara dengan provinsi Banten. MAN 2 Tangerang tepat berada di bagian tengah antara Jakarta dan Banten. Sangat strategis dengan menjadikan Balaraja sebagai kawasan Industri.

Posisi strategis tersebut himbauan dari kepala MAN 2 Tangerang dapat dioptimalkan untuk berkreativitas dalam aktivitas madrasah.

Siswa/i MAN 2 Tangerang yang memiliki background pendidikan SMP/MTs nya pondok pesantren modern banyak usulan dari siswa untuk upacara biligual yaitu Bahasa Inggris -Indonesia. Mudah-mudahan kedepan akan dicoba mengunakan bahasa arab-Indonesia.

Mengapa biligual? Bahasa Inggris digunakan pada petugas pembawa acara upacara, pemimpin upacara, dan pemimpin barisan. Selebihnya mengunakan bahasa Indonesia. Banyak hal yang menarik saat upacara karena berbeda dari rutinitas upacara seperti biasanya. Misalnya pembina upacara bingung mendegar perintah mengheningkan cipta mengunakan bahasa Inggris.

Andaikan pemimpinnya mengunakan bahasa Inggris justru peserta malah nanti kebingungan apa artinya. Kesemuanya syarat pembelajaran. Membiasakan berbahasa asing sebagai bahasa internasional.

Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk kreativitas di sekolah. Tentunya bukan hanya pada kegiatan upacara saja melainkan berbagai kegiatan lain di madrasah/aktivitas pembelajaran.

Siswa terkadang memerlukan kejutan/hal-hal baru supaya mereka merasa tidak monoton sehingga dapat menyebabkan adanya kejenuhan.

Kreativitas perlu terus dikembangan sebatas positif dan mendukung proses pendidikan dan pembelajarannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Masyaa Allah, betul-betul generasi milenia yang siap menghadapi revolusi 4.0. Inspiratif, pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Nov
Balas

Iya bunda, saran dari siswa, baik, makanya ditindak lanjuti. Terima kasih atas doanya. Bunda juga sehat dan sukses selalu. Barakallah juga buat ibu.

05 Nov

Selamat dan sukses ,barokallah

05 Nov
Balas

Kereeen kreatifitas siswanya pak. Sukses selalu dan barakallah

05 Nov
Balas

Iya bunda, ide datang dari anak jika positif mengapa tidak ditindaklanjuti. Sukses dan sehat selalu dan Allah senantiasa meridhoi. Barakallah

05 Nov

Yes...I am agree with you Mr.Mulya..hi..hi.

05 Nov
Balas

Thanks, sukses dan sehat selalu bu

05 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali