Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
UNBK Waspadalah!
Sumber: ICT Watch.com

UNBK Waspadalah!

Zaman now ujian nasional sudah berbasis komputer. Bahkan ada sekolah yang penilaian harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berbasis komputer.

Sekolah siap melakukan penilaian berbasis teknologi membutuhkan banyak biaya. Mulai pembelian server, lab komputer, komputernya, serta kebutuhan lainnya. Komputer zaman now sudah semakin canggih sehingga dipilihlah laptop untuk mengisi lab komputer.

Bayangkan saja madrasah tempat saya bertugas memiliki 6 rombongan belajar kelas XII satu kelas sekitar 38 siswa, membutuhkan 3 lab komputer dengan pembagian 3 sesi perubahan. Setiap lab maksimal 35 laptop. 1 lab merupakan inventaris lab komputer lama dan 2 lab baru, sekitar 70 laptop yang dibeli secara bertahap dari berbagai sumber yang legal.

Ada beberapa kasus di Tangerang saat menjelang UNBK ada madrasah/sekolah yang kerampokan semua perangkat komputer di ruang lab. Posisinya memang pedalaman akan tetapi dekat dengan jalan raya. Sehingga sekolah/madrasah harus berpikir keras bagaimana tetap UNBK ketika komputer/laptop di lab raib. Kasus tersebut terjadi saat tahun yang lalu. Tahun ini pun mendengar kabar kejadian serupa terjadi di sekolah di Tangerang.

Berdasarkan kasus tersebut bukan hanya saat tidak UNBK saja ada kebijakan penjaga malam. Saat UNBK pun ada kebijakan tambahan piket bukan hanya satpam, juga ditambah wakil kepala sekolah dan guru. Bahkan lebih dari 5 orang. Semuanya dilakukan untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi pencurian.

Wah pada saat sekarang sertifikat beladiri untuk setiap guru dibutuhkan. Bayangkan apabila ada perampok jumlahnya 10 orang yang piket atau ronda hanya 6 orang dapat dibayangkan apa yang akan terjadi? Semoga saja tetap aman. pada

Saat menjelang UNBK waspadalah bagi sekolah/madrasah yang melaksanakan ujian berbasis komputer. Lebih baik mencegah dibandingkan meratapi saat kejadian.

Madrasah tempat saya bertugas adalah Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN 2 Tangerang terdapat beberapa madrasah swasta sekitar 18 madrasah yang bergabung, juga melaksanakan ronda malam di sekolahnya masing-masing? Bagaimanakah di sekolah/madrasah tempat bapak/ibu gurusianer? Apakah ada tambahan jaga malam atau tidak?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sepertinya di DEpok juga ada Pak Yang diincar laptop Selalu ada celah untuk mencuri

10 Apr
Balas

Betul sekali Pak. Tahun lalu sekolah kami mengalami hal itu. Mungkin itu salah satu sebab tahun ini agak sulit mencari pinjaman laptop dari anak-anak untuk memenuhi kekeurangan . Jazakillah khoir...sudah sangat mengingatkan. Baarakallah...Pak.

10 Apr

Iya bunda, kejahatan dapat terjadi jika kesempatan, selalu waspada

10 Apr

Iya, Pak. Akhirnya penjagaan sekolah hrs lebih diperketat. Tambah repot juga sebenarnya.

10 Apr
Balas

Iya pak, kepala, wakil, dan guru terkadang harus merangkap scurity, tidak apa-apa sich untuk kepentingan anak

10 Apr

Di madrasah tempat saya bertugas pak

10 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali