Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
UNBK SMA/MA Secara Nasional Serentak Dilaksanakan
UNBK oh UNBK Sumber:Dokumentasi Penulis

UNBK SMA/MA Secara Nasional Serentak Dilaksanakan

Hari ini Senen, 9 April 2018 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilaksanakan serentak untuk SMA/MA seluruh Indonesia. Pelaksanaan UNBK dilaksanakan selama 4 hari sampai dengan Kamis, 12 April 2018.

Tahun sebelumnya belum semua SMA/MA menggunakan ujian nasional berbasis komputer. Tahun pelajaran sekarang 2017-2018 seluruh SMA/MA swasta ataupun negeri di wajibkan untuk melaksanakan UNBK.

Menurut hemat saya ada kelebihan dan kekurangan siswa ujian berbasis komputer.

Kelebihannya berbasis komputer pelaksanaan ujian lebih praktis, cukup dengan menyiapkan bank soal digital, kemudian diberikan nomor token, soal bisa diakses dan dijawab. Waktunya cepat dan semuanya menggunakan jaringan internet. Sehingga dengan demikian dapat melakukan penghematan biaya ujian.

Kekuranganya siswa belum terbiasa ujian berbasis komputer, tergantung kepada jaringan internet, jaringan komputer dan server, dan instalasi listrik. Belum lagi apabila ada bencana alam.

Hakekat ujian sebenarnya adalah mengevaluasi kompetensi siswa apakah sudah tuntas atau belum. Level penentuan kompresinya juga berbeda untuk setiap evaluasi. Misalnya UNBK level penguasaan kompetensi yang berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) .

Hasil UNBK sebagai pemetaan hasil perolehan nilai siswa yang menunjukan penguasaan kompetensi lulusan secara nasional baik secara individu siswa, sekolah/madrasah, tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional.

Sepertinya zaman now semua lini kehidupan berbasis komputer. Perihal pembelajaran dan penilaian juga di arahkan berbasis komputer.

Pertanyaan mendasarkan apakah sumber daya manusianya mumpuni apabila level evaluasi mulai dari ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester/ujian kenaikan kelas juga berbasis komputer. Hal tersebut dapat terjawab seiring berjalannya waktu.

Semoga saja pelaksanaan evaluasi di sekolah/madrasah senantiasa lebih akurat dengan ujian berbasis komputer. Terpenting adalah tujuan pendidikan nasional tercapai. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali