Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Ujicoba
https://thenounproject.com/term/no-handphone/

Ujicoba "No Handphone" Selama 1 Minggu

Zaman now kemajuan teknologi tidak dapat dihindari. Diantara kemajuan teknologi tersebut diantaranya kemajuan dalam bidang teknologi informasi. Media yang booming adalah smartphone. Teknologi smartphone sudah semakin canggih. Semua aktivitas dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone.

Smartphone begitu menjamur. Harga yang ditawarkan sangat bervariasi mulai dari yang termurah sampai dengan termahal. Smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok. Bahkan ada orangtua yang memfasilitasi anak-anaknya dengan menggunakan smartphone padahal usia anak belum seharusnya memakainya.

Penggunaan smartphone bukan tanpa dampak. Apapun yang dilakukan selalu memiliki dampak baik positif maupun negatif. Dampak positif smartphone seperti sebagai media komunikasi dan informasi, sumber belajar, dokumentasi kegiatan, dan lain sebagainya. Sedangkan dampak negatifnya media berbagi informasi hoax, berbagi video yang berbau fornografi, kecanduan gadget, dan lain sebagainya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, saya mencoba melakukan uji coba "No handphone" selama 1 minggu. Saya mencoba menceritakan pengalaman saya selama uji coba "No handphone" selama 1 minggu. Banyak hal yang saya alami dan rasakan yaitu:

  1. Gelisah, saat saya melepas kebiasaan menggunakan handphone dalam uji coba "No handphone" selama 1 minggu, semua perihal informasi tidak bisa saya dapatkan. Kondisi tersebut membuat saya gelisah. Mungkin ini adalah proses adaptasi awal, saya pikir sangat wajar karena keluar dari zona kebiasan. Kegelisahan tersebut karena ada kekhawatiran ada informasi yang tidak diketahui. Solusi yang saya dapat lakukan adalah memaksimalkan komunikasi verbal secara langsung dilingkungan tempat tinggal/tempat beraktivitas.
  2. Menitipkan Pesan, saat menjalani aktivitas harian ketika ujicoba "No Handphone" selama 1 minggu, ketika melakukan aktivitas bertemu anggota keluarga dan teman sejawat saya harus menitipkan pesan, misalnya maaf saya tidak bisa dihubungi kecuali di madrasah dari pukul 07.00 s.d 15.00 atau saya dapat ditemui di rumah ba'da ashar sampai dengan pukul 22.00. Jika ada yang mau disampaikan hanya pada jam-jam tertentu saja.
  3. Aktif Bertanya, saat sedang ujicoba "No Handphone" selama 1 minggi membuat saya lebih aktif bertanya. Mengantisipasi ketinggalan informasi saya berusaha aktif bertanya misalnya ada data update isian pegawai simpatika untuk ASN Kementerian Agama. Ketika pegawai lain mendapatkan informasi maka saya meresponnya dengan aktif bertanya. Saya bertanya langsung mengenai daftar isian yang harus dituntaskan dan berkas apa yang harus dipersiapkan.
  4. Hidup Lebih Tenang, saat saya melakukan ujicoba "No Handphone" selama 1 minggu justru merasa hidup lebih tenang. Tidak ada keharusan membaca ribuan pesan pada whatapp, facebook, instagram, atau tiwtter. Andaikan akan membuka media sosial melalui laptop itupun terbatas hanya untuk facebook, istagram, dan twitter. Kondisi tersebut membuah hidup lebih tenang.
  5. Istirahat tidak terganggu, saat saya melakukan ujicoba "No Handphone" selama 1 minggu tidak menggunakan handphone saat waktu instirahat tiba, biasanya waktu istirahat saya terganggu. Seharusnya waktu istirahat tiba masih disibukan dengan aktivitas menggunakan handphone. Kondisi tersebut menyebabkan istirahat saya biasanya terganggu. Saat tidak menggunakan handphone maka istirahat dapat dilakukan lebih maksimal. Biasanya saat ada handphone selalu ada keinginan untuk membaca berbagai informasi melalui media sosial atau informasi lain.
  6. Membuat teman penasaran, banyak teman terutama di dunia maya. Mereka tentunya bertanya-tanya mengapa saya hilang dari peredaran. Biarkanlah sekali-kali membuat teman penasaran. Toh yang saya lakukan ini sifatnya sementara dan hanya ujicoba saja.
  7. Pengalaman Baru, ujicoba "No handphone" selama 1 minggu memberikan pengalaman baru. Apapun dalam hidup hendaknya tidak ada ketergantungan terhadap suatu hal bukan hanya teknologi informasi dan komunikasi yaitu smartphone. Gunakanlah smartphone sesuai kebutuhan, secara tepat, dan bijaksana.

Apapun dalam hidup ada pembelajaran mahal. Perihal ujicoba"no handphone" selama 1 minggu memberikan pembelajaran berarti. Walapun pun sudut pandang setiap orang berbeda memaknai pembelajaran hidup. Menurut pendapat saya sendiri kondisi yang sengaja saya ciptakan juga pembelajaran hidup. Merasakan hidup tanpa menggunakan handphone selama satu minggu adalah suatu pengalaman penuh makna, hal itu mungkin hanya bagi saya secara pribadi dan bisa saja tidak berlaku bagi orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat pak Mulya bisa tahan 1.minggu luar biasa

05 Jun
Balas

wuih berat banget pak

06 Jun

Perlu mencoba kayaknya

05 Jun
Balas

luar biasa bu, seperti kembali ke zaman batu he..he...

06 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali