Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Ujian Kehidupan Perlu Kesabaran Ekstra
http://r.search.yahoo.com

Ujian Kehidupan Perlu Kesabaran Ekstra

Hidup harus selalu dijalani. Mentari akan selalu terbit di ufuk timur dan tenggelam di barat. Siang akan selalu ada begitu juga malam. Tumbuhan akan selalu tumbuh. Hewan akan selalu berjuang untuk hidupnya. Benda-benda langit akan berputar sesuai dengan peredarannya. Apapun yang ada di alam akan berperan sesuai kapasitasnya masing-masing menunjukan pembelajaran sebagai titah sang ilahi, gunung, sungai, danau, rawa, hujan, angin, awan, dan lain sebagainya pun bertasbih kepada-Nya.

Bagaimana dengan manusia? Manusia pada hakekatnya sama dengan unsur yang ada dibumi yaitu ciptaan Allah SWT. Manusia Allah ciptakan dengan sempurna karena otaknya. Kesempurnaan otaknya diserahkan kembali kepada manusia dengan akal dan pikiran. Memilih mana yang terbaik dari yang baik. Memilih mana yang himbauan surga atau neraka. Mana yang dilarang agama dan mana yang dianjurkan agama. Dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 208 yaitu:

Dalam ayat tersebut jangan mengikuti langkah-langkah setan. Sunggu setan merupakan musuh yang nyata. Jika seseorang melakukan perbuatan buruk sesunggunga apa yang dilakukan adalah langkah-langkah setan. Apakah kita pengikut setan? Padahal manusia makhluk yang lebih mulia dibanding setan.

Terus apa yang akan manusia lakukan selama hidup? Manusia berkewajiban menjalani perannya secara maksimal sebagai manusia. Seseorang harus berupaya untuk menjalani hidup sebaik-baiknya. Kemampuan akal dan pikirannya dapat menentukan hasil akhir yang dilakukan berakhir kebaikan atau buruk.

Allah SWT senantiasa memberikan ujian kehidupan bagi umatnya. Respon yang diberikan kepada setiap ujian berbeda-beda. Ada yang mengabaikannya, berusaha untuk menyelesaikannya, perlu keuletan, dan kesabaran ekstra. Yakin saja cobaan yang Allah SWT berikan pasti sesuai kadar kemampuan umatnya untuk menhadapinya.

Apapun tantangan/masalah dalam kehidupan perlu kesabaran ekstra dalam menghadapinya. Jika dipasrahkan kepada Allah SWT setelah usaha maksimal maka ujian kesabaran akan membuat seseorang manusia dalam hidup lebih dewasa.

Setiap orang berbeda ujian kehidupan yang dialami. Semuanya tergantung kepada kadar masing-masing. Jika seseorang mampu bersabar dan terus berikhtiar untuk mengupayakan menyelesaikan setiap tantangan hidup maka semuanya akan berakhir dengan indah. Sesuai harapan dan sesuai munajat doa-doa kita.

Semoga selaku manusia kita senantiasa mampu menghadapi ujian kehidupan. Semata-mata ujian kehidupan adalah cobaan dari Allah SWT. Semoga kita senantiasa diberikan kesabaran dalam menghadapi setiap ujian kehidupan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali