Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Ucapan Hari Raya Via Medsos

Hari kedua Idul Fitri ada fenomena yang berbeda saat membuka media sosial (medsos). Pada saat menjelang hari raya, media sosial umumnya diramaikan dengan tulisan-tulisan atau gambar ucapan hari raya.

Berbeda setelah 1 hari lebaran. Hampir semua ucapan adalah foto keluarga lengkap dengan posisi menghadap kamera sambil merapatkan kedua tangan. Captionnya berisi ucapan selamat hari raya Idul Fitri.

Saya malah baru sadar tentang fenomena tersebut. Sehingga saya dan keluarga tidak memiliki foto yang demikian. Padahal dari segi pakaian sudah seragam. Alasan mereka mengunggah foto sudah jelas, memanfaatkan media sosial untuk mengucapkan hari raya. Memberikan ucapan pada warga internet (netizen).

Membaca status dan melihat foto-foto teman dunia maya sangat kagum. Apa lagi melihat foto mereka yang lengkap dengan anggota keluarganya. Mengenal dan melihat mereka walaupun hanya melihat dunia maya seolah bertatap muka langsung. Tematik fotonya adalah keluarga lengkap.

Sangat wajar, saat mereka sekeluarga menunggu tamu atau bersilarurahmi. Kemudian ada ide sekeluarga mengabadikan momen kebersamaan dengan menggunakan gawai kemudian mengunggahnya di media sosial dengan memberikan caption yang menyatakan kebahagiaan dalam merayakan hari raya.

Tetapi saya tidak menemukan seorang secara individu mengucapkan selamat hari raya. He..he.. sepertinya kalau diunggah bisa viral. Misalnya captionnya "Saya secara pribadi mohon maaf lahir batin selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1440 H" . Belum menemukan status demikian. Mungkin diluar konteks dan khawatir banyak pertanyaan.

Ucapan di media sosial perihal hari raya Idul Fitri mengapa tidak? Toh tujuannya baik mengucapkan hari raya dengan berbagai cara. Apalagi zaman now memanfaatkan media sosial dengan gawai ditangan secara cepat dan efektif dalam menginformasikan semua aktivitas. Apakah anda termasuk yang sudah mengunggah foto bersama keluarga? Jika sudah artinya mengikuti perkembangan dunia maya. Jika tidak masih ada kesempatan, karena masih dalam suasana liburan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mungkin untuk lebaran tahun depan bisa foto pribadi mas Mulya.

06 Jun
Balas

He..he.. Tidak sepertinya lebaran identik dengan hari keluarga pak Agus. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

06 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali