Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Tugas Sagusabu, Kerjakanlah!

Wah saya buka blog gurusiana, penuh dengan tulisan peserta Sagusabu. Sudah dapat dipastikan ini tugas pembicara sagusabu untuk meminta peserta membuat tulisan dengan 300 kata dan harus di upload melalui gurusiana.

Sebelumnya peserta sudah diminta masuk atau mendaftar di gurusiana. Kemudian setelahnya diminta mengirim tugas tulisan melalui blog gurusiana.

Hal tersebut juga saya alami saat mengikuti kegiatan sagusabu Jakarta 2, bulan Oktober 2017 silam. Terimakasih para gurusianer baru dengan semangat baru melalus uploaad tugas di gurusiana kembali mengingatkan pada kegiatan kelas sagusabu yang dilaksanakan Media Guru.

Menulis pada dasarnya adalah keterampilan. Bisa menulis karena terbiasa latihan menulis. Menulis apapun. Sumber inspirasi menulis dari membaca, pengamatan pancaindera, atau berdasarkan pengalaman hidup yang dituangkan dalam tulisan.

Menulis awali dengan mengabaikan aturan menulis. Saat sudah cinta menulis maka mulailah pelajari bagaimana caranya menulis yang baik dan benar.

Gali semua jenis tulisan. Apa itu novel, cerpen, puisi, kolom, opini, best praktis, PTK, reportase, atau buku pelajaran.

Sebagai bahan belajar semuanya bisa dipelajari. Akan tetapi baiknya fokus pada genre tulisan yang akan dianut dan nyaman saat menulis. Bukan membatasi untuk menguasai semua jenis tulisan akan tetapi ahli dalam satu jenis tulisan itu sudah baik, jika kita menguasai lebih dari satu jenis tulisan itu sudah sangat baik.

Selamat datang gurusianer baru. Meriahkanlah blog gurusiana dengan tulisan-tulisan bapak dan ibu yang sungguh luarbiasa dan sangat langka (tulisan original tidak ada duanya di dunia) masalah kualitas tulisan adalah proses pembelajaran.

Jalani saja proses pembelajaran menulis. Kelak juga waktu akan membuktikan bahwa akan lahir penulis-penulis hebat yang dibidani oleh Media Guru melalui kelas menulis sagusabunya. Salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semua yg Pak Mulya katakan betul. Semoga tmn2 peserta pelatihan sagusabu dlm menulis di gurusiana tak sebatas utk mengerjakan tugas, tapi terus berlanjut sampai waktu yg tak terbatas.

08 Jul
Balas

kebahagiaan, saat menulis seseorang harus menemukan titik kebahagiaan, sehingga menulis bukan paksaan tetapi kesenangan

09 Jul

Haha.. pak Mulya begitu antusias menyapa gurusianer baru dari Kudus. Sangat bagus berbagi pengalaman karena dapat memotivasi guru-guru untuk memulai menulis. Tapi karena begitu semangat jadi terburu-buru nulisnya. Coba kalimat pertama dibaca ulang pak, rasanya ada kejanggalan di sana.

08 Jul
Balas

He.. He.. Iya bu, aku nulis saat sedang studitour Banten-Malang, 7-12 juli 2018, niatnya nulis buka tahunya buku, makasih bu sudah mengingatkan, saya sangat senang sekali

08 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali