Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Training Keibuan
http://odnv.co.id

Training Keibuan

Selama ini mengurus ketiga putri dilakukan istri terkadang sebagai suami saya membantu.

Saat lusa yang lalu istri mengeluh bahwa setiap sore selalu demam saat menjelang malam. Wah saya pikir dari gelajanya types. Kemudian pergi ke dokter tes darah ternyata positif terkena types.

Rekomendasi dokter diminta dirawat di rumah sakit, istri memaksa untuk dirawat dirumah keluhnya bagaimana dengan anak-anak, yach sudah diputuskan rawat jalan.

Penyakit types adalah sakit akibat terlalu lelah dengan banyak aktivitas dengan pola makan yang tidak teratur. Saya pikir istri kelelahan selain aktivitas sehari-hari mengajar, mengurus 3 orang putri, memberikan les juga untuk anak-anak sekitar rumah dengan dalih kepedulian sosial.

Ambil hikmahnya saja, istri kelelahan kemudian sakit cara Allah SWT untuk merekomendasikan supaya istrirahat dari banyak aktivitas selama ini. Sehingga urusan rumah tangga coba diatasi sebagai suami. Anggaplah training keibuan.

Meminta istri untuk beristirahat sulitnya bukan main, lebih sulit dibanding ngajar dikelas dengan jumlah siswa 40 orang. Tetap memaksa cuma dengan sentuhan kasih sayang, bun anak-anak inginnya bunda yang sehat, istirahatlah, sembuhlah, itu yang terpenting. Melakukan apapun apabila sehat itu jauh lebih baik dibanding sakit memaksakan diri sendiri.

Training keibuan pun dilakukan. Lakukan briefing untuk anak-anak bahwa bundanya sakit sehingga butuh istirahat. Si Kaka tertua kelas 5 MI mengangguk, adiknya kelas 2, dan 1 juga mengiyakan.

Training keibuan dimulai. Mulai mencuci piring, memasak untuk anak, sholat, mengkondisikan menjelang tidur, nyetrika, dan mempersiapkan anak untuk berangkat kesekolah. Berbekal pengalaman sebagai anak pertama, dididik untuk mandiri bukanlah hal langka. Cuma terkesan Napak tilas melakukan yang dulu dilakukan kini kembali di lakukan.

Luar biasa sebenarnya tugas seorang istri sekaligus ibu dalam melakukan rutinitas pekerjaan dirumah. Melakukan pekerjaan ibu dan istri selama ini ibarat training keibuan.

Idealnya suami dan istri memang saling bahu membahu dalam urusan rumah tangga. Suami dan istri apabila kerjasama terjalin dengan baik akan jauh lebih mudah. Satu saja misalnya sakit seperti istri/suami pekerjaan mengurus rumah ternyata jauh lebih berat.

Bagi para gurusianer semoga saja yang sudah berumah tangga selalu diberikan kesehatan untuk suami dan istrinya. Anggota keluarga juga selalu sehat. Aamiin ya Allah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali