Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

9 Tip Pulang dari Mudik

Apakah Anda akan pulang mudik? Jika iya ada beberapa tip yang harus diperhatikan saat akan pulang dari mudik.

  1. Perhatikan waktu kepulangan, saat akan kembali dari mudik baiknya perhatikan waktu kepulangan. Jika masuk bekerja tanggal 11 Juni 2019, maka pulang dari mudik minimal 3 hari sebelumnya. Itu penting untuk menyediakan waktu istirahat sebelum kembali beraktivitas. Selain itu pulang mudik 3 hari sebelum masuk kerja, jalanan masih lengang. Lain halnya jika jarak pulang dari mudik dekat, kapanpun bisa pulang.
  2. Jika menggunakan mobil pribadi, pilih waktu dini hari, mengapa? Umumnya jalanan sangat sepi. Sehingga bisa sampai rumah lebih cepat. Hal yang harus diwaspadai adalah kondisi supir harus vit. Mengapa? Karena jika supir dalam kondisi mengantuk sangat berbahaya.
  3. Pengguna transportasi umum, bagi pemudik pengguna transportasi umum baiknya telah memesan tiket jauh-jauh hari apakah tiket pesawat terbang, kapal laut, maupun kereta api. Zaman now bisa pesan tiket secara online untuk tanggal kepulangan. Baiknya tiket dipesan saat akan mudik, jadi sudah punya tiket pulang pergi. Jika tidak, siap-siap mengantri diloket pemesanan tiket.
  4. Pemudik kendaraan bermotor, selalu waspada. Jangan memaksakan diri. Saat kondisi lelah, menepilah. Kondisi motor sebelum akan dibawa pulang mudik hendaknya diservis ke bengkel terlebih dahulu. Pelan-pelan asalkan selamat. Mengendarai motor itu sangat rawan jika tidak nabrak yah ditabrak.
  5. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, mudik itu saat akan pulang, pastinya keluarga yang dikunjungi akan memberikan oleh-oleh untuk dibawa. Sehingga baiknya secukupnya saja, jika mobil pribadi tidaklah masalah akan tetapi jika menggunakan angkutan umum atau sepeda motor sangat rawan. Jika menggunakan angkutan umum harus membayar kursi lebih, apabila menggunakan motor bisa membuat motor tidak stabil dan berpotensi kecelakaan.
  6. Hindari mengajak orang dari kampung yang tidak memiliki skill, pulang dari mudik biasanya membawa orang dari kampung. Lain halnya jika memiliki skill dan ada jaminan pekerjaan di kota. Jika tidak, dapat menambah angka pengangguran di kota. Orang mudik ada yang ingin menunjukkan keberhasilannya di kota kepada warga dikampung halamannya. Hal itu memotivasi warga di kampung halamannya, ingin sama meraih sukses seperti orang yang mudik. Padahal hidup di kota keras, perlu semangat juang dan skill yang mumpuni.
  7. Sebelum pulang dari mudik, refresh terlebih dahulu. Pulang dari mudik adalah hal yang melelahkan, sehingga sebelum menghadapi kelelahan maka lakukan refresh dahulu seperti melakukan kegiatan wisata disekitar lokasi kita mudik. Bersantai, relaksasi, dan refresh. Setelahnya saat semua pikiran telah segar bersiaplah pulang dari mudik.
  8. Jangan sungkan untuk beristirahat saat lelah mendera di perjalanan, pulang mudik adalah hal yang melelahkan. Beristirahatlah saat lelah mendera. Bisa memanfaatkan rest area, mesjid, rumah makan, atau tempat yang teduh dan sejuk untuk beristirahat. Pastikan setelah vit kembali lakukan perjalanan kembali.
  9. Alokasikan biaya khusus untuk mudik, pulang dari mudik, dan setelah selesai mudik. Selalu bijak dalam menggunakan uang untuk semua kebutuhan saat mudik, pulang dari mudik, dan setelah mudik. Jika tidak ada manajemen keuangan, bisa repot kehabisan uang dan akan menganggu stabilitas aktivitas lainnya.

Demikian 9 tip kembali dari mudik. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi apa yang sebaiknya harus dilakukan saat pulang dari mudik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya nilai 98 untuk Tip pulang dari mudik .

08 Jun
Balas

Kalau KKM nya 99 remedial saya pak Guru he..he... Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

08 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali