Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Tim Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Manduta

Tim Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Manduta

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tangerang (Manduta) merupakan salah satu madrasah di Kabupaten Tangerang Banten. Tempat saya bertugas. Selain Manduta juga terdapat MAN lainnya yaitu MAN 1, 3, dan 4.

Madrasah turut serta dalam mengikuti berbagai kompetisi siswa maupun guru. Berbagai prestasi sudah diraih baik tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, regional, nasional, maupun internasional.

Manduta juga turun serta dalam berbagai kompetisi tersebut sehingga berbagai piala dapat diraih dan mengisi lemari-lemari piala.

Sejak tahun 2011 di Manduta sudah dimulai ada rintisan pengelompokan minat siswa berdasarkan bidang studi dengan istilah tim OSN/KSM MAN Balaraja yang kini telah berubah nama menjadi MAN 2 Tangerang (Manduta). Bidang studinya meliputi Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, Komputer, Geografi, Kebumian, dan Astronomi.

Rekrutmen siswa dilakukan sejak kelas X berdasarkan minat mereka terhadap salah satu bidang studi yang dilombakan.

Para guru pembimbing membuka pendaftaran dalam jangka waktu tertentu dan menyeleksinya sehingga terpilihlah siswa terbaik untuk setiap bidang studi yang pada akhirnya mendapat bimbingan materi untuk siap mengikuti berbagai lomba yang diadakan. Bimbingan tersebut dilakukan secara terjadwal perminggu sampai event lomba dilaksanakan.

Saat menjelang lomba saja di tim OSN/KSM dilakukan seleksi juga untuk menjadi kontinen lomba. Sehingga kompetisinya sangat ketat untuk menjadi yang terbaik di bidangnya.

Perlombaan yang rutin diadakan adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dilaksanakan dinas pendidikan. Sedangkan untuk kalangan madrasah kita mengenalnya dengan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Lomba bidang studi tersebut dilakukan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional. Ajang OSN malah sampai ke tingkat internasional sedangkan KSM hanya pada level nasional.

Seperti halnya esok hari secara serentak di provinsi Banten akan diadakan seleksi KSM tingkat kecamatan yang dilaksanakan bersamaan se Banten. Mata pelajaran yang diperlombakan untuk MA hanya 6 mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Kontingen terbaik sesuai dibidang lomba pada bidang studi yang digeluti akan bertanding untuk memperebutkan 4 besar yang akan mewakili madrasah/kecamatan sehingga bisa melenggahg ke tingkat kabupaten.

Manduta juga mengirimkan tim terbaiknya dengan mengutus 3 siswa/i terbaik untuk setiap mata pelajaran. Semoga saja siswa/i terbaik akan terpilih untuk ke tingkat kabupaten.

Siswa/i dari Manduta sendiri merupakan siswa/i terbaik. Rata-rata mereka adalah juara di kelompok kelasnya seperti jurusan Matematika dan Ilmu Alam (MIA), jurusan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), dan jurusan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK) kelas X dan XI. Berdasarkan kategori umum mereka adalah juara-juara umum tingkat Manduta.

Semangat mereka dalam belajar sudah teruji. Tinggal mengikuti seleksi besok untuk menunjukan siapa yang terbaik dan berhak mewakili madrasah/kecamatan ke tingkat Kabupaten.

Semoga saja Manduta banyak mewakili madrasah/kecamatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Semoga ajang seleksi KSM besok berjalan dengan lancar dan menjadi ajang pembuktian siapa siswa terbaik yang layak ke tahap berikutnya.

"Menjadi yang terbaik butuh usaha yang berbeda dari kebanyakan orang, supaya hasilnya pun berbeda. Belajarlah dengan maksimal, sertai doa sehingga kita mendapatkan ridho-Nya dan dapat menjadi yang terbaik, ikhtiar biasanya tidak akan mendustai hasil, semoga. Aamiin."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali