Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Tema Tulisan yang Disukai Pembaca di Gurusiana
gurusiana

Tema Tulisan yang Disukai Pembaca di Gurusiana

Sudah 21 purnama bergabung bersama Gurusiana. Ragam tulisan coba saya pelajari, ditulis, dan diunggah. Ngiler juga saat melihat judul dan gambar tulisan gurusianer lain, sehingga saya kemudian tertarik membacanya. Jika dipikir-pikir ternyata saya sudah cukup lama menjadi penghuni Gurusiana.

Ibarat sekolah 21 purnama itu, seolah saya sudah tahun kedua belajar di Gurusiana. Banyak hal yang saya dapatkan. Walaupun saya kadang merindu pada gurusianer aktif yang berguguran karena suatu alasan. Hanya gurusianer yang bersangkutan dan Allah Swt yang tahu apa alasan mereka undur diri.

Saya bertahan tujuannya untuk belajar dan membaca tulisan-tulisan gurusianer yang sangat heterogen dan ngangeni untuk menjadi sumber bahan bacaan saya. Nutrisi bagi otak dikala ada waktu luang untuk membaca. Bisa dikatakan obat dikala harus menunggu berjam-jam pada saat-saat tertentu.

Berdasarkan pengalaman saya selama 21 purnama sebagai gurusianer, menjadi praktisi sekaligus pengamat ragam tulisan. Ternyata untuk cakupan penghuni blog terbesar se Indonesia Gurusiana hanya pada beberapa tema saja yang paling disukai para pembaca Gurusiana. Ini hanya sudut pandang saya saja, mungkin berbeda menurut sudut pandang gurusianer yang lain.

  1. Masalah kontekstual, tema ini menurut saya banyak dibaca karena ada rasa keingin tahuan tentang masalah yang sedang hangat diperbincangkan diberbagai media televisi, media sosial, maupun internet. Rasa ingin tahu tersebut tentunya jika si pembaca adalah pengiat media sosial. Ibarat puzzle melengkapi sebagian informasi yang telah dibacanya. Di Gurusiana berusaha dilengkapi secara utuh, karena tulisan di Gurusiana sifatnya netral tidak ada pemihakkan pada kelompok tertentu.
  2. Buku yang ditulis gurusianer, tema berikutnya tentang buku yang ditulis gurusianer sendiri. Memantik rasa penasaran tentang isi bukunya. Saat sinopsisnya dan resensi diunggah memicu rasa penasaran para pembaca. Menurut saya promosi buku harus dilakukan secara elegan supaya kesannya tidak berlebihan. Tulisan tentang promosi buku berlebihan kesannya buku tidak diterima pasar sehingga harus diiklankan. Baiknya bagaimana, angkat manfaat buku itu bagi seseorang jika memiliki buku tersebut. Hal itu akan jauh menarik pembaca membeli buku tersebut. Seputar buku yang ditulis dan dipromosikan oleh gurusianer selaku penulis buku sangat digemari pembaca di Gurusiana.
  3. Menulis gurusianer, menulis sesama gurusianer memicu rasa penasaran pada pembaca. Rasa ingin tahu tersebut akhirnya mengarahkan pembaca untuk mengecek langsung gurusianer yang menjadi tema tulisan. Membaca tulisan gurusianer yang menjadi tema, setelah dicek ternyata benar, lalu menjadi followernya. Tujuan gurusianer menulis tema gurusianer adalah ingin memotivasi gurusianer yang bersangkutan supaya istiqomah dalam menulis di Gurusiana. Jika ingin ditulis oleh gurusianer lain harus memiliki nilai lebih di mata gurusianer lain.
  4. Psykologi, tema ini banyak disukai karena seolah begitu dekat dengan kehidupan seseorang. Tema yang diangkat adalah apa yang terjadi sehari-hari tentang sikap, perilaku, karakter, cinta, dan lain sebagainya. Pembaca penasaran membaca tulisan tersebut, apakah benar apa yang dituliskannya sesuai dengan kondisi kebatinan seseorang.
  5. Agama, kita tahu bahwa gurusiana itu beranggotakan 40.000 lebih tentunya memiliki keberagaman agama anggotanya. Tema agama ini lebih cendrung tersirat dibandingkan tersurat. Saat seorang pembaca telah mengenal karakter tulisan seseorang yang senantiasa memasukkan unsur Al Quran dan Hadist maka pembaca sangat menyukainya. Menulis dengan referensi yang mumpuni karena literasi yang digunakan adalah literasi langit. Akan tetapi harus berhati-hati jika menggunakan literasi langit harus benar-benar dipastikan kesahihannya. Jangan sampai niatnya baik malah melakukan kebohongan publik.

Bukan berarti tema yang lain tidak disukai. Setiap tema tulisan memiliki penggemarnya tersendiri. Saya justu salut dengan gurusianer yang konsisten dengan satu tema tulisan misalnya spesialis cerpen atau tabungan tulisan untuk buku-buku yang akan ditulisnya.

Silahkan saja lakukan apapun aktivitas literasi di Gurusiana dengan passion Anda sendiri. Jadilah diri Anda sendiri, lakukan yang terbaik menurut Anda. Apapun jika dilakukan karena motivasi diri In Sya Allah hasilnya akan dahsyat. Apakah Anda ingin menulis tema tulisan yang saya rekomendasikan karena banyak dibaca, silahkan, jika tidakpun tidaklah masalah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pengamatan yang luar biasa. Memang sebagai apapun, kita harus mampu membaca pangsa pasar. Secara jujur harus diakui, ada kepuasan tersendiri saat tulisan kita dibaca banyak orang. Barakallah mas Mulya.

02 Jul
Balas

Iya Pak Agus, pada akhirnya setiap penulis kembali ke passion masing-masing. Setiap penulis paling berbahagia adalah mereka yang merdeka dalam menulis. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

02 Jul

Pak Mulya memang seorang pemgamat hebat. Apapun tak luput Bapak amati. Saya belum bisa menulis satu jenis, banyak pinginnya, hehehe. Suka iri pada orang lain . Sukses selalu dan barakallahu fiik

02 Jul
Balas

Ide tulisan itu kadang ditemukan dengan cara apapun. Saat ketemu tangkap deh. Jadi tulisan. Masalah pembacanya, biarkan tulisan mencari sendiri takdir pembacanya he..he.. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

02 Jul

Dahsyat..

02 Jul
Balas

Wow bunda Rini Yuliati juga dahsyat

02 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali