Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Teh Herbal Berbahan Rambut Jagung Melalui Drying Proses serta Analisis Tanggapan 30 Responden Kelas XI MIA MAN 2 Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019
Dokumentasi Penulis

Teh Herbal Berbahan Rambut Jagung Melalui Drying Proses serta Analisis Tanggapan 30 Responden Kelas XI MIA MAN 2 Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019

Karya ilmiah siswa kembali disidangkan. Judul yang diangkat " Teh herbal berbahan rambut jagung melalui drying proses serta analisis tanggapan 30 responden kelas XI MIA MAN 2 Tangerang tahun pelajaran 2018/2019". Karya ilmiah ini di motori oleh Muhamad Lutfi Sungkar dkk kelas XI MIA 2.

Latar belakang karya ilmiah ini adalah tingginya konsumsi jagung manis di wilayah Tangerang untuk berbagai keperluan perdagangan atau rumah tangga (makanan/memasak). Daun jagung dimanfaatkan untuk makanan ternak sedangkan rambut jagung tidak termanfaatkan.

Atas latar belakang itu, maka kelompok karya ilmiah ini berupaya untuk mengolahnya rambut jagung menjadi teh herbal. Berdasarkan kajian referensi ternyata rambut jagung mengandung banyak senyawa kimia mulai dari alkaloid, ascorbid acid, ash, antioksidan, saponin, flavonoid, dan lain sebagainya (sekitar 33 senyawa kimia).

Masih berdasarkan kajian referensi, rambut jagung memiliki fungsi sebagai pengatur tekanan darah tinggi, melawan hidung tersumbat, mengatur gula darah, melawan racun dalam tubuh, membantu menurunkan kolesterol, dan membantu penurunan berat badan.

Kelompok ini mendatangi pasar-pasar tradisional, bertemu dengan pedagang jagung. Kemudian meminta untuk tidak membuang rambutnya. Sehingga hari berikutnya bisa diambil. Rambut jagung yang terkumpul kemudian di drying (proses pengeringan). Hasilnya setelah rambut jagung kering dipotong-potong halus dan siap digunakan.

Teh herbal rambut jagung seukuran 10 gram dihargai Rp. 64 (1 teh celup) jika teh herbal dipasaran harga satuan termurah Rp. 175 dan termahal Rp. 1.500. Harga teh herbal rambut jagung sangat ekonomis. Ide kelompok ini sangat sederhana akan tetapi cukup berilian.

Kemudian teh herbal rambut jagung juga diujicobakan kepada 30 responden kelas XI MIA bahkan para guru juga turut serta mencoba teh herbal tersebut termasuk saya. Berdasarkan hasil tanggapan responden tidak ada yang mengalami efek samping. Rasa teh herbalnya sangat unik, warna teh kuning, jika ingin manis dapat ditambahkan gula rendah kalori atau madu.

Teruslah menginspirasi nak. Apa yang kalian lakukan adalah awalan terbaik dalam dunia ilmiah. Apa yang telah kalian lakukan semoga dapat memotivasi sesama siswa atau orang lain untuk melakukan tindakan positif dalam ranah ilmiah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali