Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Tahu Kuning Bumbu Kacang
Dokumentasi Penulis

Tahu Kuning Bumbu Kacang

Minggu sore saat ramadan, berduet dengan istri di dapur menyiapkan menu untuk berbuka puasa untuk keluarga kecil kami. Istri memasak ikan mas gulai, pisang goreng, mpek-mpek palembang dan risol. Saya memasak nasi dan membuat tahu kuning bumbu sate. Perihal minuman karena anak-anak sedang batuk pilek, alhasil minuman hanya air putih hangat dan teh manis hangat.

Sedikit menceritakan resep tahu kuning bumbu sate ini, adalah makanan legendaris. Saat saya kecil sudah menemukan jenis makanan ini. Pedagang makanan ini biasa bisa ditemukan saat ada perayaan. Berjualan dengan mengunakan pikulan. Wajan dengan kompor dan membawa sekaleng tahu kuning.

Cara membuatnya sangat mudah, wajan dengan api kecil diolesi minyak goreng. Kemudian masukan tahu kuning yang berbentuk kubus tipis ke dalam wajan. Tahun dibalik untuk setiap sisinya sampai dengan kuning tua. Setelahnya diangkat. Untuk setiap tahu yang matang dimasukan ke daun pisang yang sudah ditekuk pada ujungnya. Tahu dimasukkan dan diberi bumbu kacang. Tahu ini paling enak disajikan dalam kondisi panas. Bisa di makan langsung atau dijadikan lauk pauk saat makan dengan nasi. Itu referensinya, saya paham betul karena sering membelinya dan memperhatikan si penjual menyajikannya, rasanya enak dan lejat.

Zaman now menemukan tahu bandung bukanlah hal mudah. Saya membuatnya apabila menemukan tahu jenis ini di tukang sayur atau pasar. Saya sudah mencoba dengan jenis tahu yang lain, rasanya tidak nendang. Mungkin berbeda jika tahu di daerah lain. Kebetulan saya tinggal di Banten. Sehingga saya menyimpulkan tahu bandung dengan bumbu kacang adalah pasangan yang pas. Saat bersama istri mencari bahan memasak tadi siang, saya menemukan tahu bandung. Lalu saya membelinya, alhasil sore ini saya akan memasaknya dan menyajikan untuk istri dan anak-anak.

Cara memasak tahunya mudah, akan tetapi zaman now waspada terhadap formalin yang digunakan untuk mengawetkan makanan, walaupun pada kemasannya tertulis tidak menggunakan pengawet. Warna kuning pada tahu berasal dari kunyit. Biasanya saya merebus tahu terlebih dahulu dengan air panas sekitar 15 menit setelah air mendidik. Lalu tahu diangkat. Siapkan wajan kemudian berikan minyak goreng sedikit saja kemudian oleskan pada permukaan wajan (tidak telalu banyak) kemudian tempatkan tahu diatas wajan dan bolak balik sampai tahu menguning, kemudian tahu angkat.

Buat bumbu kacangnyanya, siapkan bawang merah dan putih, cabe merah dan rawit, garam, dan gula merah secukupnya. Bawang merah dan putih serta cabe digoreng kemudian angkat dan ulek. Berikan kacang goreng, garam, dan gula secukupnya. Hasil ulekan sesuai selera kasar atau halus, kemudian panaskan wajan berikan minyak goreng sekitar dua sendok makan. Saat minyak panas masukan ulekan bumbu kacang berikan sedikit air aduk. Goreng bumbu kacang dan aduk sampai bumbu kental. Berikan kecap langsung atau nanti saat bumbu kacang akan digunakan. Kemudian bumbu angkat.

Cara menyajikannya, saat akan mengkonsumsinya. Ambil tahu ke piring makan, kemudian berikan bumbu kacang, berikan perasan jeruk limau dan bawang goreng. Mmm rasanya maknyus. Apalagi makanya bersama dengan nasi panas. Selamat berbuka puasa Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren, Pak Mulya ternyata pandai masak juga yah, sukses selalu dan barakallahu fiik

12 May
Balas

Aku pesan boleh Pak?

12 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali