Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Surabaya Berduka
Ledakan Bom Gereja di Surabaya. Sumber:Okezone. News

Surabaya Berduka

Hari ini terjadi ledakan bom di 3 lokasi berbeda yaitu di 3(tiga) gereja di Surabaya, Jawa Timur yaitu Gereja Katolik Santamaria, Gereja Kristen Indonesia (GKI), dan gereja Pantekosta.

Ledakan terjadi secara berturut-turun mulai pukul 07.08 WIB di gereja Katolik Santamaria, kemudian 30 menit kemudian disusul ledakan di GKI dan ledakan terakhir terjadi di Gereja Katolik Santamaria.

Berbagai spekulasi bermunculan terkait ledakan tersebut ada yang mengkaitkan dengan peristiwa kerusuhan di lapas Mako Brimob, ada asumsi bom bunuh diri, bom mobil, bom motor, atau bom yang diledakkan dari kejauhan.

Kita tunggu saja hasil investigasi dari pihak kepolisian. Bagaimana sebenarnya fakta hukum dan kebenaran tentang peristiwa bom tersebut. Tahun ini adalah tahun politik. Sehingga setiap kejadian apapun dapat dipolitisir untuk kepentingan sekelompok golongan tertentu. Waspadalah.

Peristiwa ini sudah menjadi peristiwa nasional. Bahkan telah viral. Walikota Surabaya pun sudah berkunjung ke lokasi bahkan presiden RI saja sudah berkunjung ke lokasi kejadian. Semoga saja kasus ini segera terkuak.

Berdasarkan informasi kepolisian korban bom 3 gereja Surabaya tersebut yang meninggal berjumlah 11 jiwa dan 41 luka-luka. 5 mobil dan beberapa sepeda motor terbakar. Informasi sementara korban sebagian besar wanita dan anak-anak.

Indikasi awal pelaku merupakan bom bunuh diri karena terdapat ceceran potongan tubuh yang terpental dalam jarak cukup jauh. Beberapa hasil analisis cctv bahkan pelaku berboncengan dengan banyak barang bawaan masuk ke gereja kemudian meledakan diri.

Hendaknya menyikapi peristiwa ini jangan terlalu cepat menyimpulkan penyebab peristiwa. Semua membutuhkan proses oenyelidikan supaya semuanya gambang/jelas tidak ada prasangka terhadap golongan tertentu.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki beberapa agama yang berbeda, ras, dan suku bangsa. Kondisi tersebut sangat rawan disintegrasi jika permasalahan yang muncul terkait SARA.

Sangat riskan terjadi konflik horizontal. Konflik jenis ini bisa menjalar ke seluruh wilayah Indonesia sehingga harus selalu waspada dan harus segera diselesaikan. Kita harus tetap berpegang teguh pada persatuan dan kesatuan bangsa dengan bhineka tunggal ika berbeda tetapi tetap satu jua.

Polisi harus berhati-hati dan profesional dalam menangani kasus ini. Semua kejadian yang sifatnya melakukan perusakan, membuat masyarakat takut, adanya korban tidak berdosa merupakan peristiwa teror. Pelakunya adalah teroris. Siapapun dan dari golongan manapun bisa berbuat teror. Janganlah langsung di diskriditkan pada golongan tertentu sebelum ada fakta hukum dan bukti kejahatan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Semoga saja peristiwa ledakan bom di Surabaya adalah kejadian terakhir dan tidak terjadi kembali. Polisi dan masyarakat hendaknya dapat mengantisipasinya hal-hal yang janggal yang terjadi lingkungan sekitar. Sehingga peristiwa bom tidak terjadi lagi. Siapapun pelakunya harus diusut tuntas sampai selesai. Pelaku, semua pihak yang terlibat, dan tokoh intelektualnya jika ada, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Refrerensi: Berbagai sumber

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Innalillahi wa innailaihi roji'un .....

13 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali