Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sudah Jatuh Tertimpa Tangga
www. detak.co.id

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Manusia memiliki banyak aktivitas. Jika aktivitas positif tidaklah masalah. Akan tetapi jika aktivitas negatif waspadalah.

Allah Swt maha bijaksana. Berkali-kali umatnya melakukan kesalahan, selalu memberikan waktu bertaubat. Melakukan kesalahan lagi diberikan lagi waktu untuk bertaubat, terus selalu seperti itu.

Setiap orang pada dasarnya memiliki hati nurani dan firasaf. Supaya seseorang sadar akan kesalahannya dan segera bertaubat serta tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama atau kesalahan yang lainnya.

Tibalah saatnya ketika aib itu terbongkar. Ada organisasi pengendalian sosial seperti pihak kepolisian, kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan inspektoral jenderal pada kelembagaan.

Pekerjaan lembaga ini adalah pencari kesalahan orang atau pembongkar aib seseorang. Bidang ini sangat rawan godaan supaya bersikap tidak adil dan hukum bisa dimainkan. Jika mereka keliru lolos hukuman dunia diakhirat mereka akan kekal karena harus menebus kesalahan didunia yang telah mereka lakukan.

Kasus-kasus yang terbongkar oleh petugas hukum sangat banyak. Apakah tertangkap tangan, terbongkar saat ada sindikat yang tertangkap kemudian bercerita siapa saja yang terlibat, terekam kamera, meninggalkan jejak teknologi di internet, dan lain sebagainya.

Kasus yang nyata adalah perihal kasus prostitusi artis secara daring. Berbagai foto artis ditawarkan kepada para lelaki hidung belang berkantong tebal. Para oknum artis memberikan tarif mahal sekali kencan dan banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Sebutan artis membuat harga mereka melonjak tinggi karena dunia yang hedonisme. Sarat akan berbagai kemewahan.

Terbongkarnya kasus tersebut sudah menjadi beban bagi mereka. Viral bukan karena prestasi melainkan karena aib, dosa, perbuatan hina dan tercela.

Apakah selesai sampai disitu, ternyata tidak. Berbagai foto syur sebagai bentuk penawaran terhadap lelaki hidung belakang dipermasalahkan hukum melalui Undang-undang ITE sehingga harus dipertanggungjawabkan. Sudah jatuh tertimpa tangga.

Kepolisian sebagai lembaga hukum memiliki kewenangan dalam melakukan penyelidikan. Akses provider telephon seluler dimiliki begitu halnya transaksi perbankan. Terbongkarlah siapa saja oknum artis yang menjajakkan layanan syahwat bertarif puluhan juta. Kemudian dilakukan pemanggikan para artis lain sebagai saksi bahwa mereka pernah terlibat.

Kondisi tersebut adalah makanan empuk pemburu berita. Apalagi zaman now adalah zaman teknologi informasi. Revolusi 4.0. Berita kecil saja bisa meledak apalagi berita yang melibatkan pesohor negeri sekelas para artis. Beritanya tentang prostitusi daring terus menghiasi berbagai media cetak, televisi, dan media online diinternet.

Sungguh sudah jatuh tertimpa tangga. Jika Allah Swt sudah berkendak aib seseorang akan dibuka selebar-lebarnya. Seolah sampai tidak ada penghalang apapun terhadap aib tersebut.

Semoga saja, peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga tidak menimpa kita. Jagalah aib orang lain maka Allah akan menjaga aib kita. Saat melakukan kesalahan sebagai suatu aib segeralah bertaubat jangan sampai menunggu aib diketahui oleh khalayak ramai. Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga terhindar dari hal itu. Allah lah sebai baik penutup aib. Sukses selalu dan barakallah

06 Feb
Balas

Aamiin ya Allah. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bu Pipi

06 Feb

Semoga kita terhindar dari segala keburukan dan kejahatan pak. Sehat sukses selalu pak. Barakallah

06 Feb
Balas

Aamiin ya Allah. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Ibu Fera.

06 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali