Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Dilema Standing Party
yulinirwana16.blogspot.com

Dilema Standing Party

Setiap orang di dunia dalam menjalani proses hidup ada kalanya mengadakan suatu kegiatan pesta. Banyak ragam pesta yang ditawarkan seperti pesta kebun, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, dan lain sebagainya.

Bahkan melalui jasa Event Organization (EO) ditawarkan konsep ragam pesta dengan tawaran banyak konsep. Apakah konsep futuristik, natural, princess, dan lain sebagainya.

Pada pelaksanaan pesta ada yang dilakukan secara lesehan, disediakan meja, kursi, bahkan dengan konsep standing party. Pesta bisa dilakukan di rumah, sekolah, tempat kerja, bahkan gedung sewaan.

Pesta yang dilakukan sah-sah saja. Asalkan positif, tidak menyediakan minuman keras apalagi narkoba. Menyediakan tempat salat/ibadah.

Hal yang saya soroti adalah pesta yang diadakan dengan konsep standing party. Pesta yang diadakan dengan cara berdiri. Melakukan banyak aktivitas dengan berdiri. Terutama makan dan minum.

Pada budaya timur makan atau minum sangat tidak dianjurkan sambil berdiri. Tinjauannya jelas apakah dalam kontek kesehatan atau agama. Tidak ada yang membenarkannya. Pastinya berdampak terhadap orang yang melakukannya.

Saya pernah menghadiri acara pesta secara berdiri. Sangat kesulitan mencari tempat duduk untuk makan dan minum. Pertimbanganya tidak mengunakan kursi supaya tempat lebih luas dan mengurangi budget sewa kursi.

Akan tetapi dibalik itu semua terjadi "kegilaan" pada tamu yang makan dan minum. Semua jenis makanan yang disajikan dicicipi tamu, jika makanan habis tidaklah masalah, akan tetapi saat makanan ada sisa, dengan alasan takut kenyang dia ambil jenis makanan lainnya. Padahal pada daerah konflik dan bencana banyak orang yang kelaparan karena tidak memiliki makanan. Apakah hal tersebut tidak terpikir oleh mereka.

Pada saat pesta banyaknya makanan sebenarrnya mengantisipasi ada tamu yang tidak menyukai jenis makanan tertentu. Sehingga tamu bisa memilih makanan apa yang disukainya. Setiap makanan yang diambil hendaknya bertanggungjawab menghabiskan makanan. Pastinya pada suatu pesta makanan yang dipilih oleh pemilik pesta adalah makanan terbaik.

Standing Party menurut pendapat saya konsep pesta yang buruk. Menciptakan peluang terjadinya kemubajiran makanan serta adalah perilaku mengkonsumi makanan dan minuman yang mengindahkan aturan agama dan kesehatan.

Jika kita berada pada keadaan tersebut upayakan saat makan dan minum mencari kursi atau lesehan sekalipun itu jauh lebih baik dibandingkan berdiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Secara adab makan minum berdiri aduhh konsep pesta ala Barat yaa Pak.

11 Mar
Balas

Begitulah, sudah banyak dilakukan di kota-kota besar ibu. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

11 Mar
search