Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Sogokan itu Bahaya?
Media Indonesia

Sogokan itu Bahaya?

Hidup sering berinteraksi dengan orang lain apakah antar personal ataukah personal dengan lembaga. Ada orang yang sangat ambisius. Ingin selalu mendapatkan apa yang diinginkan dengan cara apapun, melanggar nilai dan norma sekalipun tidaklah masalah untuk mewujudkan syahwatnya.

Ada prinsip ekonomi ketika banyak permintaan maka akan banyak penawaran. Penawaran itu dilakukan oleh orang-orang yang sangat ambisius. Mereka akan melakukan segala macam cara supaya keinginannya tercapai. Saat memberikan sesuatu seperti uang, barang, atau hadiah lain/janji-janji yang akan diberikan setelah tercapai keinginannya itulah yang disebut sogokan. Bahasa lainnya adalah gratifikasi. Termasuk tindak pidana korupsi.

Sogokan itu bahaya, mengapa? Sogokan dapat membuat seseorang tidak merdeka. Melakukan tindakkan yang melanggar/tidak sesuai aturan mengikuti keinginan orang yang memberikan sogokan. Bahasa mulianya adalah menolong, tetapi itu bukan menolong melainkan pelanggaran aturan. Menurut kacamata saya berdosa.

Semoga saja, kita tidak termasuk pelaku perbuatan tersebut. Jika memiliki prinsip hidup yang selama ini diyakini kebenarannya pegang teguh. Bertindak sesuai aturan langit dan nilai serta norma yang berlaku. Jangan pernah terbujuk rayu jargon "Mumpung saya memimpin, kapan lagi saya bisa mendapatkan uang tambahan, mengenai cara mendapatkannya terserah saya". Hal tersebut tentunya sangat bahaya. Membudayakan menyogok akan menciptakan keadaan yang tidak baik.

Sesuatu yang dilakukan dengan cara tidak baik jauh dari keberkahan Allah Swt. Boleh saja sukses menurut kebanyakkan orang tetapi hina didepan Sang Pencipta. Allah itu tidak tidur, semuanya ada konsekuensinya baik secara langsung, tidak langsung, atau pasca alam setelah kehidupan.

Menjadi seorang manusia hanya dapat berupaya selalu sesuai dengan kebenaran hati nurani, tuntunan Al Quran dan Hadist. Semoga Allah selalu bersama kita, memberikan petunjuk jalan yang benar, bukan jalan kesesatan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Benar Mas, pokoknya asal di relnys Gusti Allah, insya Allah selamat dunia dan akhirat. Selamat menunggu adzan Maghrib.

10 May
Balas

Iya pak Agus, terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

10 May

Allah itu tidak tidur, semua ada konsewensinya. Barakallah saudaraku Mulya Al Bantany

11 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali