Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Kekayaan Indonesia Wow

Kekayaan Indonesia Wow

Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Banyak faktor yang membuatnya begitu kaya. Faktor alam dan manusia.

Faktor alam yaitu potensi alam Indonesia mulai hasil bumi di daratan, dalam laut, potensi perairan darat, keindahan alamnya, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor manusia yaitu potensi kualitas individu masyarakat Indonesia yang tidak kalah oleh bangsa lain, keragaman budayanya, kerukunan umat beragama, dan lain sebagainya.

Kekayaan Indonesia harus selalu waspada karena akan ada banyak negara yang tepuk tangan ketika Indonesia mengalami berbangga konflik sosial. Pada akhirnya akan bermunculan pihak yang membantu ujung-ujungnya meminta jatah investasi.

Jangan sampai Indonesia mengalami disintegrasi bangsa. Kerugian akan dialami semua pihak. Sebagai masyarakat Indonesia harus menyadari bahwa Indonesia itu kaya. Berikut ini kekayaaan Indonesia yaitu:

  1. Indonesia Negera dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia setelah Tiongkok, India, dan AS. Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang banyak keseksiannya yaitu potensi tenaga kerja yang banyak. Semakin banyak tenaga kerja maka semakin murah harganya terkecuali tenaga kerja yang berkualitas. Buruh-buruh pabrik riilnya dilapangan tidak sesuai dengan Upah Minimum Provinsi/Kota/Kab itupun dengan sistem kontrak. Para pengusaha asing saat membuka usaha tentunya membutuhkan tenaga kerja Indonesia, semakin rendahnya gajinya semakin seneng mereka berinvestasi.
  2. Indonesia negara muslim terbesar di dunia. Indonesia merupakan negara muslim terbesar. Tokoh-tokoh muslim berpengaruh berasal dari Indonesia. Indonesia dapat menjadi garda terdepan antisipasi negatif tentang Islam.
  3. Indonesia negara kepulauan. Indonesia negara nan indah. Hamparan pulau dari Sabang sampai Merauke lebih dari 17.000 pulau. Keanekaragama hayatinya sungguh luar biasa indahnya.
  4. Indonesia negara poros maritim dunia. Indonesia merupakan negara yang memiliki laut yang luas. Posisi Indonesia sebagai poros/pusat aktivitas pelayaran dunia karena berada diantara dua benua yaitu Asia dan Australia serta Samudera Hindia dan Pasifik. Negara terpanjang memiliki garis pantai di dunia.
  5. Indonesia negara tropis, sebagai negara tropis Indonesia memiliki 2 musim yaitu kemarau dan hujan. Matahari selalu bersinar setiap saat beda halnya dengan negara subtropis, sedang, atau dingin hanya dapat melihat matahari hanya pada saat musim panas saja. Kondisi sepertinya sangat cocok untuk wisata alam. Indonesia adalah surganya wisata alam.
  6. Indonesia negara yang subur. Indonesia memiliki tanah yang subur. Kesuburan tanah tersebut karena banyaknya gunung api, sungai, sinar matahari yang cukup, dan kondisi tempat yang beragam. Saking suburnya tanah Indonesia tanaman apapun ada di Indonesia.
  7. Indonesia negara yang akan sumber daya alam. Berbicata sumber daya alam Indonesia adalah yang terlengkap di dunia. Baik sumber daya alam mineral, tambang, dan hayati. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa sejarah masa lalu penjajahan Indonesia karena menginginkan rempah-rempah. Rempah-rempah adalah hasil sumber daya alam Indonesia.
  8. Indonesiaa memiliki keanekaragaman suku bangsa dan agama. Wilayah Indonesia memiliki 34 provinsi dengan beragam suku bangsa, pakaian adat, tarian, lagu, bahasa, adat istiadat, dan keanekaragaman lainnya.
  9. Letak geografi Indonesia amat strategis. Indonesia memiliki letak yang strategis untuk berinteraksi dengan negara lain. Jalur laut adalah jalur strategis terutama di selat Malaka. Selat tersebut menjadi lalu lintas internasional untuk perdagangan.

Masih banyak keunggulan Indonesia dalam bidang lain. Sudah seharusnya sebagai bangsa Indonesia kita berbangga. Menciptakan kerukunan antar umat beragama sehingga secara pribadi kita harus terus berupaya menjaga Indonesia supaya aman dan nyaman sebagai tempat tinggal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali