Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sidang Karya Ilmiah di MAN 2 Tangerang
Dokumentasi Penulis

Sidang Karya Ilmiah di MAN 2 Tangerang

MAN 2 Tangerang sebagai salah satu madrasah di Kabupaten Tangerang memiliki kultur pembelajaran diantaranya adalah sidang karya ilmiah. Sidang karya ilmiah dipersiapkan selama satu tahun ajaran tepatnya saat siswa kelas XI baik MIA, IIS, maupun IIK.

Pada semester 1 dibagi kelompok baik dari kelompok MIA,IIS, dan IIK. Setiap kelompok memiliki mentor atau ketua kelompok. Setiap kelompok akan membuat proposal penelitian untuk karya ilmiahnya mulai dari bab 1 pendahuluan, bab 2 landasan teori, dan bab 3 metodeologi penelitian. Wajib dikonsultasikan dengan guru pembimbing 1 dan 2. Guru yang ditunjuk sesuai dengan bidang karya ilmiah yang dipilih dan disetujui. Kemudian bab 1, 2, dan 3 beres lanjutkan melakukan penelitian, kemudian lanjut ke bab 4 perihal hasil penelitian, dan bab 5 kesimpulan dan saran. Kemudian abstrak mereka buat. Kesemuanya selesai pada semester 1. Umumnya para siswa mengerjakan karya ilmiahnya sepulang sekolah atau saat liburan. Konsultasi dengan guru pembimbingnya saat istirahat atau sepulang dari madrasah.

Pada awal semester 2 adalah dilakukan persiapan prasidang. Membuat slide presentasi karya ilmiah dan siswa menyiapkan diri untuk menguasai materi yang akan dipresentasikan. Sebulan penuh januari mereka siapkan. Awal Februari siswa/i kelas XI MIA, IIS, dan IIK siap sidang.

Sidang karya ilmiah dihadiri oleh 3 penguji guru dan dihadiri oleh semua rombongan belajar MIA kelas XI. Jika sidang IIS dihadiri rombongan belajar IIS, begitu juga dengan IIK. Hal ini diwajibkan sehingga akan ada timbal balik jika kelompok lain dari kelas berbeda juga melakukan sidang. Ruang aula di set untuk lokasi sidang. Kursi kelompok lengkap dengan meja untuk yang akan presentasi, sound system, meja dan kursi MC, meja untuk demo produk atau alat karya ilmiah yang akan dipresentasikan. Meja penguji yang sudah ada minum dan sajian kue ringan.

Saat sidang karya ilmiah bagi kelompok siswa yang akan sidang begitu menegangkan. Tidak ada batasan waktu. Setiap siswa wajib menguasai materi karya ilmiah bab 1, 2, 3, 4, dan 5. Sistem presentasi diundi berdasarkan nama. Siswa yang terambil namanya harus presentasi sesuai urutan presentasi. Umumnya setiap peserta 5 siswa, sehingga setiap siswa terbagi rata materinya. Begitu halnya dalam menjawab pertanyaan. Pertanyaan diberikan kemudian diundi, nama yang terpilih menjawab pertanyaan yang diberikan penguji atau peserta sidang karya ilmiah dari seluruh kelas XI MIA dan kelas X MIA.

Kelompok-kelompok karya ilmiah terbaik, akan diikut sertakan dalam berbagai lomba karya ilmiah tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Juara-juara event lomba karya ilmiah melenggang masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN. Masuk tanpa tes diterima diberbagai jurusan bahkan tahun yang lalu juara dua karya ilmiah tahun lalu diterima di jurusan kedokteran.

Dipastikan sampai akhir semester setiap sabtu atau selepas jam pulang akan banyak diujikan sidang-sidang karya ilmiah dari seluruh kelas XI. Hal ini sangat positif bagi para siswa sebagai bekal mereka saat melanjutkan kepada jenjang pendidikan berikutnya. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Waah...sudah seperti pra sidang untuk skripsi, ya Pak Guru. Inspiratif banget. Harus dicontoh! Jazakallah khoir untuk bagi-bagi inspirasi ini, Pak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

02 Feb
Balas

Iya Bunda Rai. Semoga saja bermanfaat bagi anak-anak. Terima kasih atas apresiasinya dan doanya bunda Rai. Sehat, bahagia, dan sukses. Selalu. Barakallah juga buat bunda Rai.

03 Feb

Kereeen Pak, MAN 2 Gelar sidang karya ilmiah, sesuatu banget Pak. Sukses selalu dan barakallah

02 Feb
Balas

Iya bu Pipi. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

03 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali