Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Shaf Salat Tarawih Semakin Maju
https://www.attaubah-institute.com

Shaf Salat Tarawih Semakin Maju

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Saat Ramadan menjelang berakhir budaya yang sangat kentara adalah mudik, membuat kue lebaran, berbelanja pakaian baru buat hari raya, dan aktivitas lainnya.

Efek dari kondisi tersebut maka mesjid/mushola Shaf salat isya dan tarawih semakin maju. Mungkin itu hanya di wilayah saya saja tidak demikian di tempat para gurusianer.

Shaf salat isya dan tarawih pada awal Ramadan di mesjid/mushola membludak sampai luber. Semakin berkurang hari di bulan Ramadan maka shaf salat semakin maju. Sangat progresif.

Wilayah mesjid sekitar rumah saya, para ramadan tersisa 3 shaf saat salat isya dan tarawih atau salat subuh. Berdasarkan pengamatan selama ini saat salat umumnya para pejuang ramadan orang yang sama. Salut kepada mereka karena konsistensi dalam beribadah memaksimalkan bulan Ramadan.

Terus kemana sisa jamaah? Bisa jadi para jamaah mesjid sibuk dengan usahanya berdagang di pasar malam, menyiapkan dan melakukan mudik pulang kampung/kota, atau bahkan buat kue lebaran dan berbelanja untuk kepentingan lebaran. Sehingga memunculkan fenomena shaf salat semakin maju ke depan.

Semoga saja di hari-hari terakhir ramadan ini setiap umat Islam dapat memaksimalkan diri melakukan banyak kegiatan ibadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama walaupun keadaan seolah tidak kondusif.

Semuanya kembali kepada setiap orang dalam bersikap, hendaknya ada keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat. Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali