Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Setiap Manusia
Manusia itu terlahir berbeda dalam banyak hal. Sumber: http://semi-yanto.blogspot.com

Setiap Manusia "Khas"

Manusia terlahir khas. Setiap manusia berbeda. Setiap manusia tidak bisa disamakan satu sama lain. Keunikan setiap manusia terlihat dari sikap dan prilakunya yang khas.

Jangan pernah berpikir seorang dapat memaksakan kehendak kepada oranglain. Walaupun orang terdekat sekalipun. Andaikan dilakukan itulah pengekangan diri orang lain.

Setiap manusia berbeda perasaanya. Setiap manusia berbeda responnya. Setiap manusia berbeda pemikirannya. Memang kita terlahir khas berbeda satu sama lainnya. Saya, anda, dan kalian adalah khas.

Hal yang bisa dilakukan sebagai makhluk yang khas hanyalah melakukan pengenalan karakter pribadi diri dan orang lain disekitar kita. Bahkan pada orang lain secara umum yang kita kenal sengaja ataupun tidak sengaja.

Apa yang dapat kita kenal dari orang lain. Sangat banyak. Karakter baik atau buruk. Kita mengenal orang lain karena kebaikannya. Kita mengenal orang lain karena perangai buruknya, keegoisannya, kepintarannya, penyayangnya, sabarnya, ketekunannya, setiakawannya, borosnya, keras kepalanya, dan lain sebagainya.

Sebelum mengenal karakter orang lain kenali dulu konsep diri kita. Siapa kita. Bagaimana kita orangnya. Hidup kita, dan lain sebagainya tentang kita. Setelah kita mengenal siapa kita, barulah kita berusaha mengenal karakternya orang lain.

Pengenalan karakter orang lain diperlukan untuk menentukan cara saat menghadapinya. Kita tidak dapat memaksakan kehendak kita kepada semua orang. Walaupun menurut kita benar.

Sadari bahwa kebenaran versi kita sangat relatif. Beda halnya kebenaran menurut Allah sudah pasti absolut walaupun diantara kita masih banyak yang menyangsikannya. Bukti ketipisan iman dan ketaqwaan kepada sang pencipta.

Setelah memahami dan mengetahui karakter oranglain. Kita bisa memenejnya, menghimpunnya, mengidentifikasi potensinya, memfasilitasi potensinya, mengembangkan potensi dirinya, memberikan penghargaaan setiap prestasi yang diraihnya dengan cara dan bentuk apapun.

Manusia sangat khas. Sang pencipta sudah menentukan desain awalnya syarat dengan keunikan sebagai manusia terpilih untuk dilahirkan.

Ruhnya secara khusus dipanggil dari surga untuk mengisi tubuh yang telah disiapkan sejak dalam kandungan, terlahir ke dunia, tumbuh berkembang muda, remaja, dewasa, sampai manula. Saat pengembaraan berakhir menjadi penunggu setia dialam kubur sampai sangkakala tanda kiamat dibunyikan oleh malaikat Allah.

Ingat, manusia adalah makhluk bumi yang khas. Makhluk tercerdas adalah manusia. Makhluk terbaik juga manusia. Makhkuk terjahat juga manusia. Makhluk paling tidak berguna (gila) juga manusia. Makhluk paling rakus juga manusia. Semuanya ada pada diri manusia.

Kehebatan manusia karena otaknya. Permasalahan mendasarinya apakah otaknya difungsikan dengan baik atau tidak. Apabila difungsikan dengan baik landasannya ilmu pengetahuan dan syariat agama. Manusia akan menjadi khas karena potensi positifnya. Akan muncul manusia khas dengan keunggulannya masing-masing apapun bidangnya.

Yakinlah bahwa Allah telah mengizinkan kita untuk lahir ke bumi dengan potensi diri yang khas. Optimalkan untuk banyak melakukan kebaikan. Jadilah manusia yang khas karena keunggulan postisifnya. Semoga kita termasuk di dalamnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ya, mari kita fungsikan dengan baik, apa yang sudah dianugerahkan Allah pada kita Terima kasih Pak Mulya.

08 Mar
Balas

Iya.bu, prosesnya harus terus diikhtiarkan untuk menjadi manusia terbaik

08 Mar

betul pak, memaksimalkan potensi yang ada pada kita dengan baik,

08 Mar
Balas

Iya bu, memantik potensi supaya tergali perlu perjuangan

08 Mar

Memaksimalkan potensi yang baik tandanya kita bersyukur kepada Allah SWT. Aamiin yaa Robbal 'alaamiin. Baarokallah...Pak.

08 Mar
Balas

Semoga kita selalu menjadi manusia yang senantiasa bersyukur kepada Allah, aamiin

08 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali