Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Serah Terima dan Sumpah Jabatan MPK-OSIS
Dokumentasi: PKM Human MAN 2 Tangerang

Serah Terima dan Sumpah Jabatan MPK-OSIS

Hari ini berbeda dengan hari biasanya. Sudah sejak pagi para pengurus MPK-OSIS periode 2018-2019 melakukan kegiatan gladiresik persiapan serah terima jabatan dan sumpah pengurus MPK-OSIS dari periode sebelumnya kepada pengurus baru. Seminggu ini selepas jam belajar mereka sudah latihan sebagai bentuk persiapan acara tersebut.

Saat pukul 06.45 Wib semua siswa sudah berkumpul di lapangan. Para pengurus MPK-OSIS yang baru telah bersiap-siap mengikuti acara serah terima jabatan dan sumpah dengan didampingi oleh para pengurus Badan Pengurus Harian (BPH) kelas XII (pengurus lama). Para siswa kelas X, XI, dan XII nonpengurus berdiri berbaris dibelakang pengurus yang akan melakukan prosesi. Sedangkan para pengurus MPK-OSIS yang baru melakukan prosesi.

Hadir untuk melakukan kegiatan tersebut Kepala MAN 2 Tangerang Bapak Kustiono, M.Pd, Pembantu Kepala Madrasah (PKM), Pembina OSIS-MPK, dan para guru. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya secara hikmat oleh seluruh pengurus baru dan semua guru dan siswa yang hadir. Setelah menyanyikan lagu Indonesia raya pengurus lama dan pengurus baru berbaris dan berjalan mendekati meja yang diatasnya ada berkas serah terima jabatan sambil membawa bendera dimana kepala madrasah berada.

Secara simbolis ketua MPK-OSIS pengurus lama melepaskan kacu kebesaran organisasi oleh kepala madrasah dan memasangkannya ke ketua MPK-OSIS selaku pengurus baru. Kemudian ketua dan jajarannya berpegangan tangan sambil mengucapkan janji mengikuti yang dibacakan oleh kepala madrasah. Hal tersebut menandakan bahwa mereka bersatu padu berikrar. Menyatukan hati dalam organisasi MPK-OSIS MAN 2 Tangerang periode 2018-2019.

Setelah selesai ada sambutan dari kepala madrasah yang isinya ucapan terimakasih kepada pengurus lama dan ucapan selamat bekerja untuk pengurus baru. Mampu bekerja sama bersama dengan ekstrakulikuler. Berharap kelak para pengurus MPK-OSIS dapat menerapkan pada kehidupan nyata berorganisasi di kampus dan masyarakat.

MPK-OSIS merupakan organisasi intrakulikuler. Organisasi tertinggi, puncak karier organisasi ektrakulikuler adalah MPK-OSIS. Pengurus MPK-OSIS adalah siswa-siswa terbaik organisasi yang diutus untuk menduduki jabatan. Mereka rangkap jabatan di MPK-OSIS, maupun organisasi ekstrakulikuler baik BPH, Pengurus, maupun Anggota. Sehingga ada peraturan madrasah bahwa dalam berorganisasi siswa dibatasin minimal memilih 2 organisasi. Harapannya setiap siswa jika aktif di organisasi bisa optimal dan seimbang antara akademik dengan organisasi.

Perlakukan terhadap MPK-OSIS berbeda dengan organisasi ekstrakulikuler. MPK-OSIS ibarat leader keorganisasian di MAN 2 Tangerang. Mulai dari pecalonan pengurus, pemilihan pengurus, pengukuhan, dan pelantikan. Siswa/i pengurus MPK-OSIS harus memiliki kebanggaan bahwa mereka adalah siswa/i terpilih di organisasi. Serah terima jabaran MPK-OSIS semoga menjadi pelecut bagi pengurus baru. Berorganisasi adalah pembelajaran positif selain akademik. Organisasi ibarat laboratorium sosial dimana siswa belajar menghargai orang lain, bermusyawarah, menejemen waktu, memimpin rapat, melaksanakan kegiatan, membuat proposal, membuat laporan pertanggungjawaban, dan bertanggungjawab terhadap suatu kegiatan, berkompetisi yang sehat, dan lain sebagainya.

Kemudian akhirnya acara serah terima jabatan selesai. Kepala madrasah dan para dewan guru memberikan ucapan bagi pengurus lama dan baru. Acarapun selesai. Siswa kembali masuk kelas untuk melanjutkan pembelajaran. Semoga para aktivis organisasi sukses di akademik juga oraganisasi. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat dan sukses selalu dan barakallah

06 Nov
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali