Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Pasar Senggolan
Sumber: Suara Pembaruan

Pasar Senggolan

Kata pasar senggolan merujuk kepada sebutan warga Tangerang, Banten. Sebutan ini untuk 1 hari menjelang datangnya bulan Ramadhan. Misalnya tahun ini berdasarkan info dari kementerian Agama bahwa puasa jatuh pada hari Kamis. Maka, pasar senggolannya pada hari Rabu.

Istilah ini dikenal di masyarakat Tangerang dan sekitarnya. Kata senggolan yaitu merujuk kepada adanya aktivitas bersama masyarakat dalam menyambut bulan puasa di pasar.

Mereka pergi ke pasar tradisional untuk membeli semua keperluan lauk pauk sahur dan buka puasa bersama di pasar satu hari menjelang ramadhan tiba.

Pada kondisi tersebut saking banyaknya masyarakat yang berbelanja menyebabkan kondisi pasar sangat penuh sesak. 

Nah kondisi penuh tersebut menyebabkan antar pembeli bersenggolan di pasar. Maka disebut pasar senggolan. Pada orang umum hari pertama menjelang ramadhan disebut munggahan.

Umumnya masyarakat saat pergi ke pasar senggolan membeli daging sapi/kerbau/kambing/ayam/ikan. Kesemuanya untuk menyambut sahur pertama dan makan saat buka puasa bersama. Selain itu juga beli sirup dan lain sebagainya. 

Menyambut bulan puasa sungguh luar biasa. Memberikan keberkahan bagi semua orang yang akan melakukan puasa ramadhan. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat mrnyambut bulan Ramadhan... Maaf lahir batin

16 May
Balas

Iya bunda, selamat bulan Ramadhan juga, mohon maaf lahir batin juga

16 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali