Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Semuanya Berawal Dari Pola Pikir
Bekerja terdiri dari beragam jenis. Sumber:http://ayobuka.com

Semuanya Berawal Dari Pola Pikir

Melakukan apapun dalam hidup semuanya tergantung pola pikir yang dibangun. Pola pikir terkait dengan sudut pandang kita dalam melakukan suatu kegiatan.

Apakah yang kita lakukan berorientasi pada uang, kepuasan individu, kerakusan diri, egoisitas, keinginan untuk memimpin, upah, asal kerja, ikhlas atau niatkan beribadah karena Allah.

Pola pikir ini merupakan hal penting sebelum melakukan sesuatu. Apa yang kita lakukan proses yang menjalaninya adalah kita sendiri. Semoga saja kita melakukan pekerjaan dengan tujuan kebaikan. Berikut ini tipe orang dalam bekerja.

  1. Kerja orientasi uang, seseorang akan bekerja hanya karena ada uangnya. Apabila tidak ada uangnya tidak akan dikerjakan. Andaikan di tegur karena itu bagian dari tupoksi maka akan menggerutu dan menghardik bahwa uangnya dimakan sendiri oleh orang yang memberikan pekerjaan.
  2. Bekerja untuk kepuasaan diri, seseorang bekerja dengan secara perfeksionis karena hasil pekerjaannya adalah tujuannya. Asalkan puas dengan hasil pekerjaan apapun akan dilakukan bahkan tekor sekalipun.
  3. Kerakusan diri, seseorang bekerja untuk memperkaya dirinya. Semua perihal pengeluaran uang dia yang melakukannya sesuai dengan anggaran. Orang lain diperlakukan sesuai dengan tupoksinya. Hal yang kentara adalah hasil pekerjaan yang dilakukan dengan cara meminimalisir uang dengan berharap selisih sebesar-besarnya. Semuanya untuk keuntungan pribadi.
  4. Egoisitas, bekerja sangat egois apapun dikerjakan sendiri seolah orang lain tidak mampu melakukannya. Seolah manusia super hal yang dilupakan adalah transfer keilmuan terhadap rekan kerja/bawahan. Selain itu setiap orang memiliki batas maksimal dalam bekerja, orang ini mudah sakit saat kelelahan bekerja.
  5. Keinginan untuk memimpin, orang bekerja dengan cara ini sifatnya delegatif. Konsep yang dimilikinya dilakukan oleh orang lain dengan menyuruh ini, itu, kerjakan ini, itu, semuanya kata perintah. Andaikan turut mengerjakan itu baik akan tetapi ketika hanya memerintah saja rekan kerja atau bawahan itu adalah petaka.
  6. Upah, orang tipe ini akan bekerja apabila diberikan upah/dijanjikan terlebih dahulu baru mau bekerja. Upahnya bisa berupa makanan siang, gorengan, kopi, rokok, bahkan sejumlah uang, asalkan ada sesuatu yang didapatkan pasti mau melakukannya.
  7. Asal kerja, ada orang yang bekerja asal kerja. Mereka tidak mau mentaati aturan. Aturan tinggal aturan. Hasil pekerjaan orang tipe ini tidak ada yang berhasil dilakukan. Semuanya mentah. Saat ditegur banyak alasannya.
  8. Ikhlas, bekerja dilakukan secara ikhlas. Melakukan pekerjaan apapun dasarnya adalah ikhlas. Bekerja dengan ikhlas sangat totaliter dalam bekerja.
  9. Bekerja niatkan ibadah, bekerja jenis ini dilakukan oleh orang yang hatinya bersih. Selalu berbaik sangka pada orang lain. Apapun yang dilakukannya seolah perintah ilahi. Balasannya adalah pahala dari Allah karena semua yang dilakukan adalah niatnya ibadah.

Setiap orang bekerja. Semuanya memiliki pola pikir saat bekerja sesuai dengan karakter diri. Kualitas diri. Pola pendidikan dikeluarga. Pola pendidikan di kampus. Kematangan dalam berorganisasi. Keluasan dalam bergaul.

Idealnya sebagai manusia. Makhluk Allah. Orang yang beragama maka saat bekerja merupakan titah agama. Jadilah pribadi yang berusaha baik. Berusahalah menjadi orang yang taat aturan. Apapun yang kita lakukan harus selalu sejalan dengan apa yang diperintahkan dan dilarang Allah SWT.

Bekerja juga termasuk cara kita menginvestasikan amal dan ibadah, hasil pekerjaan atau bayaran dari pekerjakan bisa sebagian dialokasikan untuk kepentingan sosial/agama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jadi pak, saat mengerjakan tugas sekolah/kampus pun diniatkan sebagai ibadah karena Allah kan pak? Bukan untuk mendapatkan nilai yg bagus/tinggi..

10 Mar
Balas

Nilai yang bagus adalah akibat dari sebab yang telah kita lakukan

10 Mar

Capek nih, yang seperti ini, ngga ada syukurnya

10 Mar
Balas

Iya Bu, hasil pengamatan saya demikian terhadap lingkungan sekitar tempat saya bekerja

10 Mar

Mudah - mudahan ikhlas. Dalam bekerja. Salam sukses.

10 Mar
Balas

Aamiin

10 Mar

Karena bekerja adalah ibadah...njih Pak. Baarokallah....

10 Mar
Balas

Semoga kita dapat selalu demikian

10 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali