Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Seleksi Tim OSN/KSM

Seleksi Tim OSN/KSM

Menyikapi lomba akademik seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dilselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanakan oleh Departemen Agama MAN 2 Tangerang berbenah sejak tahun 2011.

Program tersebut dirumuskan oleh kurikulum MAN 2 Tangerang untuk merancang metode bimbingan supaya dapat berprestasi dalam lomba-lomba tersebut. Pada tahun petama sampai dengan saat ini terus mengalami perbaikan dan kemajuan. Berbagai prestasi sudah banyak di raih mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, tingkat perguruan tinggi, bahkan level nasional.

Metode bimbingan diawali dengan melakukan seleksi untuk siswa yang akan masuk di MAN 2 Tangerang. Jalur masuk MAN 2 Tangerang dilakukan dengan 3 jalur yaitu jalur prestasi akademik, jalur bakat dan minat dengan prestasi tingkat kabupaten/provinsi, dan jalur reguler (jalur tes). Setelah siswa baru diterima maka mereka adalah bibit untuk bakal duta-duta lomba.

Setelah mulai belajar. Guru-guru pembimbing sesuai dengan bidang studi dan memantau perkembangan siswa/i. setelah selesai 1 kompetensi dasar maka para guru sudah mengetahui sementara potensi-potensi siswa pada bidang studi tersebut. Langkah berikutnya menyampaikan pengumuman akan ada seleksi untuk tim OSN/KSM. Siswa yang berminat harus mendaftarkan diri sendiri sesuai dengan minatnya masing-masing pada bidang studi tersebut.

Kemudian guru bidang studi membuat soal tes untuk seleksi sesuai waktu yang telah ditentukan. Kemudian lembar jawaban di koreksi dan 5 besar dengan hasil tes terbaik diumumkan di lapangan MAN 2 Tangerang setelah tadarus.

Saat siswa yang lulus tes dipanggil, ada tatapan mata keoptimiskan dari para siswa yang lulus. Mereka akan mendapatkan bimbingan OSN/KSM selama dua tahun saat kelas X dan XI. Siswa/i yang lulus terkadang ada yang lintas jurusan IIS, MIA, dan IIK. Misalnya ada siswa jurusan IIS lolos seleski untuk mata pelajaran Fisika atau siswa MIA lolos jurusan Ekonomi. Hal tersebut tidaklah masalah asalkan siswa tersebut "gila" dalam bidang studi yang diikuti. Mereka maniak, sangat menyukai, dan mau belajar bidang studi yang akan dilombakan baik belajar individu maupun bimbingan.

Pada saat bimbingan semua sumber belajar dioptimalkan mulai dari buku-buku OSN/KSM, buku-buku sumber belajar di perpustakaan, soal-soal OSN/KSM, bimbingan dari guru bidang studi, atau bahkan mengundang pembicara ahli dari luar.

Saat ada even lomba maka setiap tim OSN/KSM bidang studi akan mengadakan menyaringan untuk kontingen lomba sesuai kebutuhan. Hasil seleski hanya yang terbaiklah yang akan lolos dan akan mengikuti lomba OSN/KSM. Jika dipandang perlu menjelang lomba dilakukan karantina bagi calon peserta lomba sebelum bertanding. Siswa tersebut hanya belajar bidang studi yang akan di lombakan.

Selama ini siswa yang berhasil masuk ke tim OSN/KSM adalah juara-juara kelas dan juara umum pada masing-masing jurusan. Mereka mendapatkan nilai di atas rata-rata untuk setiap mata pelajaran. Akan tetapi ada juga siswa yang unggul hanya pada satu bidang studi yang dilombakan sedangkan mata pelajaran lain nilainya cukup.

Tugas guru agama dan bimbingan konseling juga memberikan arahan dalam hal sikap, mental, dan spiritual. Menyentuh hati mereka supaya ada keseimbangan antara ilmu pengetahuan dengan sikap, perilaku dan mental. Memiliki keikhlasan yang tinggi saat mengalami kegagalan, menyadari iktiar maksimal harus dilakukan, serta tidak sombong dan jumawa saat menjadi juara.

Semoga kelak mereka akan menjadi intelektual musim yang mumpuni, sarat akan ilmu pengetahuan, dan bersikap dan berprilaku terpuji, serta religius. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali