Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Selamat Jalan Pak Tua

MAN 2 Tangerang berlokasi di depan Jalan Raya Serang yang merupakan jalan nasional. Jalan penghubung antara Ibu kota negara DKI Jakarta, Banten, dan Pulau Sumatera. Persis di depan madrasah ada flyover. Pada awal dibagun untuk mengatasi kemacetan pasar tumpah Balaraja. Kini pasar sudah ditata jauh lebih baik. Diujung flyover ada putaran.

Hal yang sudah lumrah pada setiap putaran selalu ada timer. Timer merupakan sebutan untuk orang memiliki inisiasi mengatur lalu lintas saat ada motor atau mobil yang memutar. Mereka memberikan jasa membantu mengatur lalu lintas. Masalah bayaran tergantung budi baik si pemilik kendaraan. Umumnya timer hanya diberi uang logam dengan nilai Rp.500.- jika seharian ada 100 mobil yang mutar, pendapatan mereka sekitar Rp. 50.000/hari.

Pada depan flyover di depan madrasah ada juga timer. Seorang Pak Tua yang usianya sekitar 70 tahun lebih. Kulitnya yang keriput dengan topi yang khas serta berbekal pluit. Hampir setiap hari mengatur kendaraan yang berlalu lalang memutar balik.

Saya hafal betul saat pulang mengajar pasti bertemu dengan beliau sambil tersenyum melambaikan tangannya. Seolah bagi Pak Tua pekerjaan itu adalah takdir hidupnya. Saat tengah hari, biasanya saat makan siang saya memutar dilokasi, Pak Tua saat suhu panas berteduh dibawah pohon terdekat. Saat ada mobil atau motor segera menghampiri dan menyetop mobil/motor dari arah berlawanan. Memberikan ruang motor/mobil yang akan memutar.

Pada suatu waktu, saat saya memutar motor di putaran jalan tidak menemukan Pak Tua. Saya lihat diputaran ada bendera kuning. Esok harinya saya penasaran dan mencari informasi. Ternyata Pak Tua mengalami kecelakaan tertabrak truk dan meninggal di tempat. Memang sudah menjadi suratan takdir bagi Pak Tua. Bekerja dijalanan sebagai timer harus gugur ditempat bekerja.

Jangankan timer guru saja, pernah ada kasus gugur akibat dipukul oleh siswanya sendiri saat menjalankan tugas. Itulah umur manusia. Meninggal dimanapun, kapanpun, dan dengan cara apapun.

Selamat jalan Pak Tua. Semoga Allah ampuni kesalahannya, diterima segala ibadahnya, dilapangkan kuburnya, dijadikan alam kubur taman Surga, dan kelak tempatkan di Surga-Nya. Keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran keikhlasan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga Pak Tua husnul khatimah, diampuni segala dosa, diterima amal ibadahnya .Amin

12 Mar
Balas

Aamiin ya Allah. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

13 Mar

Innalillahi wainnaillaihir rojiun... Semoga Pak tua Huanul Khotimah diampuni segala kesalahannya dan ditempatlan ditempat terbaik disisi Allah.... Aamiin

12 Mar
Balas

Iya ibu Desi Fatma, Aamiin ya Allah. Terima kasih atas apresiasinya. Barakallah

13 Mar

Semoga pak tua husnul khatimah. Sukses selalu dan barakallah fiik

12 Mar
Balas

Aamiin ya Allah, iya Ibu PIpi. Rasanya tak tega melihat Pak Tua dengan usia yang telah lanjut, kemudian di akhir usianya ditakdirkan meninggal dengan cara demikian. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

13 Mar

Semoga Pak tua syahid akhirat, karena kecelakaan dalam tugas. Aamiin Barakallah Pak Mulya Al Bantany

12 Mar
Balas

Aamiin ya Allah Abah, terima kasih atas apresiasinya Abah. Barakallah

13 Mar

Innalilahiwainailaihirojiun. Semoga khusnul khotimah. Saat saya ada di jawa dan ketemu dengan mereka, uang recehan itu bener bener laris pak. Jujur, saya kagum. Nilai recehan kl didaerah saya itu ibaratnya terbuang di depan pintu aja gak diambil. Oh iya. Apa betul sebutan untuk jasa jasa pengarah jalan alternatif itu sebutannya pak ogah pak. Saya pernah dengar gitu.

12 Mar
Balas

Aamiin ya Allah. Di Pulau Jawa apapun bisa dilakukan. Saya menyebutnya timer. Ada juga yang menyebut pak Ogah, tetapi saya kurang sepakat, mengapa pak ogah diidentikan dengan tokoh kartu dalam serial si Unyil. Jargon kuatnya karaker pak Ogah dengan kalimat "cepe dulu". Cepe sama dengan Rp. 100 dulu. Nah timer siberi Rp. 500, ga singkron. Makanya saya pilih timer. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

13 Mar

Nangis bacanya

12 Mar
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

13 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali