Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Selamat Jalan Bapak Sutopo Purwo Nugroho
tribun medan. tribunnews.com

Selamat Jalan Bapak Sutopo Purwo Nugroho

Bapak Sutopo Purwo Nugroho selalu hadir saat memberikan informasi kebencanaan di Indonesia. Biasanya setelah bencana, beliau memberikaan keterangan terkait kebencanaan. Siapa sebenarnya bapak Dr. Sutopo Purwo Nugroho, M.Si, APU? Beliau adalah alumni Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Jabatan beliau kepala pusat data dan informasi humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebagai kepala pusat data dan informasi humas BNPB beliau sering muncul di media televisi. Selain itu beliau sangat dekat dengan para wartawan. Sehingga semua hal terkait penyakitnya tidak ada yang ditutupi. Seolah bagian dari perjuangan hidupnya.

Siapa yang mengira ternyata beliau mengidap kanker paru-paru stadium 4B. Kanker pada stadium ini sudah menyebar ke seluruh tubuh. Berdasarkan keterangan almarhum semasa hidupnya berat badanya menyusut drastis sampai dengan 20 kg. Seluruh tubuhnya sakit, bahkan tidurnya rasa sakitnya tidak hilang.

Bahkan untuk menghilangkan rasa sakitnya beliau melakukan terapi Yoga. Beliau termasuk orang pantang menyerah terus bekerja dan ikhtiar melakukan pengobatan secara maksimal. Sampai pada akhirnya beliau wafat saat pengobatan kanker di Tiongkok pada usia 49 tahun hari ini Minggu, 7 Juli 2019 waktu 02.20 waktu Tiongkok atau pukul 01.20 waktu Indonesia.Beliau meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.

Seolah beliau sudah siap menghadapi kematian. Beliau menyadari bahwa sebagai penderita kanker kematian begitu dekat. Prinsip beliau bagaimana sebelum meninggal dapat melakukan perbuatan baik sebagai bekal kematian.

Selamat jalan bapak Sutopo Purwo Nugroho, semoga bapak diampuni segala kekhilafannya, dilapangkan kuburnya, dan kelak ditempatkan di Surga-Nya. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Aamiin... Inalillahi wainailahi rojiun

07 Jul
Balas

Iya bunda Meynia, keputusan terbaik untuk beliau karena sakitnya. Saya orang geografi saat ada bencana suka mantengin TV melihat berbagai informasi kebencanan sering melihat beliau. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

08 Jul

Amin YRA, turut berduka dan ikut merasa kehilangan. Selamat jalan Pak Sutopo.

07 Jul
Balas

Iya bunda. Pembelajaran berharga dari beliau, tetap berbuat yang terbaik walaupun kanker stadium akhir menggerogotinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

08 Jul

Turut berduka Pak. Innalillahi wainnailaihi rajiun. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 Jul
Balas

Iya bu vivi. Semoga beliau ditempatkan disisi-Nya yaitu surga yang terbaik. Aamiin

08 Jul

Semoga beliau husnul khatimah menuju jannah. Aamiin YRA.

09 Jul
Balas

Aaaminn ya Allah

12 Jul
search