Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Selamat Bagi Guru yang Lolos Tes ASN

Aparatur Sipil Negara (ASN) masih dianggap sebagai tujuan bekerja dalam konteks kemapanan. Walaupun hal tersebut sangat relatif. Bahkan saya memiliki teman berhenti menjadi ASN karena merasa terkungkung. Beliau memilih untuk berwirausaha.

ASN bagi negara adalah kebutuhan. Akan tetapi beban biaya untuk gaji dan tunjangan dianggap terlalu besar. Berbagai upaya dilakukan untuk menekannya oleh negara sehingga dilakukan penghentian sementara penerimaan ASN yang disebut moratorium ASN.

Akhir tahun 2010 merupakan penerimaan ASN terakhir sebelum diberlakukannya moratorium. Saat itu saya termasuk pesertanya dengan pendaftaran secara online, mulai dari pendaftaran, pengiriman berkas, bahkan pengiriman kartu peserta tes, serta lokasi pelaksanaan tes.

Prosesnya online dengan panitia penerimaan dari pusat sedangkan pelaksanaanya masih konvensional mengunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Lalu pengumuman via internet.

Selepas ini tahun 2018 penerimaan CPNS kembali dibuka. Semuanya dilakukan secara online. Mulai dari penerimaan, pemberkasan, sampai tes. Bedanya setiap peserta tes yang lulus wajib mengikuti tes lanjutan. Khusus guru ada tes wawancara dan praktik mengajar.

Penerimaan calon ASN, jika di dinas pendidikan lebih spesifik, peserta Calon ASN akan mendaftar berdasarkan satuan pendidikan yang dituju. Misalnya SMAN 21 Tangerang membutuhkan 1 guru fisika, maka pendaftar akan mendaftar di SMAN 21, kemudian ada 50 pendaftar ikut tes, jika yang lulus 5 orang, maka 5 orang yang lulus akan tes selanjutnya. Tes tahap akhir adalah mengajar, sehingga 1 terbaik akan mendapatkan posisi ASN di sekolah tersebut.

Lain halnya dengan ASN guru dikementrian agama. Skalanya provinsi. Misalnya provinsi Banten membutuhkan 30 guru matematika. Dari sekian pendaftar dan mengikuti tes yang lulus misalnya ada 50 orang. Maka 50 orang tersebut dites mengajar dan wawancara. Saat hasilnya diumumkan maka 30 ASN yang lulus akan ditempatkan sesuai satuan pendidikan yang membutuhkan.

Teman-teman sejawat honorer satu tempat tugas, antar lintas sekolah/madrasah yang honorer ikut serta dalam tes calon ASN 2018. Banyak cerita dari mereka, keluh, dan kesahnya baik pemberkasan, saat tes berbasis komputer, tes wawancara, tes mengajar, sungguh luar biasa. Bahkan ada rekan yang tinggal menunggu kelahiran harus tes mengajar pasca lulus tes calon ASN tahap 1. Alhamdulillah setelah beberapa hari melahirkan.

Sekian banyak rekan mengajar ikut tes, Alhamdulillah ada yang lulus di Dinas Pendidikan untuk guru fisika. ASN depag belum ada pengumuman sampai saat sekarang. Semoga saja saat tes pengumuman ASN kementerian agama lebih banyak yang diterima. Aamiin.

Selamat bagi guru yang dinyatakan lulus sebagai calon ASN yang telah mengikuti semua tes. Terutama ASN di dinas pendidikan. Tahap Selanjutnya tinggal melakukan pemberkasan. Setelahnya bertugas. Bagi yang masih nunggu hasil tes akhir atau pengumuman kelulusan calon ASN terutama di kemenag atau instansi lain semoga hasilnya sesuai harapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat untuk yang lulus yah. Sukses selalu dan barakallah

10 Jan
Balas

Iya bu, sepertinya yang terbaik atau faktor keberuntungan bisa sejalan dengan hasil yang diperoleh. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Ibu Pipi juga, sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Pipi juga

11 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali